Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga Kecamatan Bumi Ratu Nuban

0 51

LAMPUNG TENGAH (MDSnews) — Puluhan rumah di 2 desa Kecamatan Bumiratu Nuban terendam banjir akibat meluapnya air sungai way Tipo setinggi satu meter dan merendam rumah-rumah penduduk.

 

Dua desa di daerah aliran Sungai way Tipo yang terdampak banjir adalah Desa

Kampung Goras Jaya dan Kampung Sinar Banten. Seperti di Dusun kampung Goras Jaya ada 65 Rumah kena banjir di dusun V dan VI dengan ketinggian air mencapai 1 meter atau selutut orang dewasa.

 

Kepala kampung goras Jaya Budianto saat diwawancarai mengatakan, air meluap dari Sungai Way Tipo ke permukiman penduduk sejak pukul 01.00 WIB. Sungai yang terletak antara kampung ini meluap akibat tak mampu menampung debit air hujan dalam waktu lama, pada Rabu (27/3) malam.

 

Hingga pukul 10.00 WIB, sebanyak 65 rumah warga Goras Jaya ,dan Sinar Banten 15 rumah tergenang banjir. Ketinggian air bervariasi, antara 80- 100 cm.

 

“Di sini kurang lebih ada 65 rumah yang terendam banjir,” kata Budjianto kepada wartawan di lokasi banjir.

 

Pantauan di lokasi, warga terdampak banjir sedang sibuk mengeluarkan barang-barang berharga dari rumah mereka. Evakuasi ini dibantu Babinsa dan BPBD.

 

Sementara itu,Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Tengah, Saleh menjelaskan, terdapat 80 rumah warga terendam banjir akibat meluapnya way Tipo.

 

“Di kampung Goras Jaya ada 65 Rumah kena Banjir di dusun V dan VI, begitu juga untuk persawahan dan Perladangan sekitar 40 Hektar terletak di dusun V dan VI, ” ujarnya

 

Selain itu di Kampung Sinar Banten Rumah yang terendam air banjir sebayak 15 Rumah.

 

“kita sudah turunkan Tim Penanggulangan Bencana, karena sesuai perintah Bupati Lampung Tengah harus Stanbay 24 Jam,” Pungkasnya.

 

(Reporter liputan : Ari) 

95 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar
Menunggu...