Direktur LBH.PAI Lampung Meminta, Polsek Kedaton Dan Kejari Bandar Lampung Bersikap Objektif

HOME LAMPUNG TERBARU

Lampung (MDSnews) – LBH.PAI Lampung menyayangkan penetapan tersangka oleh Institusi Penegak Hukum Polsek Kedaton Bandar Lampung, peristiwa tersebut dialami oleh salah satu warga Kedaton bernama Sarwinto, Jum’at (27/5/22).

” Menurut keterangan klien kami, yang saat ini menjadi tersangka dengan dugaan pasal 351 ayat (1) KUHPidana. peristiwa bermula dari selisih paham antara klien kami dengan Saudara Lasmanto terkait akses jalan lingkungan di Depan rumah klien kami, lalu Saudara Lasmanto menghampiri klien kami dengan kata-Kata akan membunuh sambil membawa sebilah pedang,”ungkap Muhammad Ilyas

Melihat hal tersebut, tentu klien kami, coba mempertahankan diri dan keluarga dari ancaman tersebut, secara spontan menghalau Saudara Lasmanto agar tidak mendekat dengan melempar batu, sebanyak satu kali.

Lalu, peristiwa tersebut dilerai oleh pamong setempat dan berjanji akan mendamaikan sekaligus mencari solusi terhadap pemicu masalah tersebut.

Akan tetapi keesokan harinya, klien kami dilaporkan oleh Saudari Dodi Yana yang tidak lain adalah istri dari Saudara Lasmanto dengan dalih mengalami luka disebabkan lemparan batu tersebut.

Proses perdamaian yang dijanjikan oleh Lurah Kedaton, beserta jajaran nya belum terlaksana.

“Akan tetapi, Lurah Kedaton bersama jajaran nya telah membongkar warung klien kami sebagai akses jalan ini juga yang kami sayangkan,” Imbuh Muhammad Ilyas.

“Dikarenakan proses perdamaian yang tidak juga terlaksana, maka pada tanggal 10 Juni 2021 klien kami melaporkan Saudara Lasmanto dengan bukti laporan nomor: TBL/475/VI/2021/LPG/RESTA BALAM/SEKTOR KDT, Maka berdasarkan peristiwa tersebut, kami memandang pihak kepolisian Polsek kedaton Terlalu memaksakan proses hukum yang dialami klien kami,” Tegas Muhammad Ilyas.

“Lanjut nya, Dimana masyarakat mendapat ancaman pembunuhan dengan membawa senjata tajam, lalu membela diri tetapi malah menjadi tersangka.” Ujarnya

Ini yang publik harus tau, dan menurut kajian kami secara materiil unsur dengan sengaja atau adanya niat jahat (Mensrea) melakukan tindak pidana pun tidak ada di klien kami.

Maka berdasarkan peristiwa tersebut kami selaku kuasa hukum akan melakukan:

1. Mengawal dan mendorong pihak penegak hukum yaitu kepolisian dan kejaksaan untuk bersikap objektif terhadap perkara tersebut;

2. Meminta irwasda Polda Lampung/ Irwasum, jaksa pengawas untuk monitoring, memeriksa, tiap-tiap proses hukum perkara tersebut;

3. Kejaksaan untuk tidak melakukan penuntutan terhadap perkara tersebut

4. Mendorong DPRD Kota Bandar Lampung komisi I untuk ikut mengawal proses hukum yang dialami oleh klien kami.

“Mengingat klien kami, masyarakat yang mempertahankan diri dari ancaman yang datang dari luar akan tetapi faktanya justru menjadi tersangka,” Pungkas Muhammad Ilyas selaku kuasa Hukum,” Tutupnya.(Ram)

1 thought on “Direktur LBH.PAI Lampung Meminta, Polsek Kedaton Dan Kejari Bandar Lampung Bersikap Objektif

  1. Saudara lasmanto emang sering menyebar berita yang tidak tidak tidak sesuai realita nya, saya juga mendengar desas desus emang saudara lasmanto (samaran)ini tidak suka terhadap keluarga klien(tetangga)
    S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *