Iptu Saipullah Resmikan KTN Desa Labuhan Maringgai

DAERAH HOME Lampung Timur TERBARU

Lampung Timur, (MDSnews) – Polsek Labuhan Meringgai Polres Lampung Timur meresmikan  Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Desa Labuhan Meringgai, Kecamatan Labuhan Meringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Desa Labuhan Meringgai dipilih karena memiliki berbagai keunggulannya baik di bidang ketahanan pangan, kesehatan, pendidikan mapun ketahanan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Peresmian KTN di Desa Labuhan Meringgai dilaksanakan Polsek Labuhan Meringgai oleh Iptu Saipullah,SH, Panit I Binmas mewakili Kapolsek Labuhan Meringgai, di gelar di Balai Desa Labuhan Meringgai, Kamis (18/03/ 2021) Sekira Pukul 09.30 Wib.

Kapolsek Labuhan Meringgai diwakili Iptu Saipullah,SH, dalam sambutannya mengatakan bahwa KTN merupakan program prioritas Kapolri dalam mencegah dan memutus mata rantai Covid-19.

Desa Labuhan Meringgai dengan keunggulan pangan, kesehatan dan Kamtibmas yang baik diharapkan mampu menjadi pilot projek tingkat Desa Labuhan Meringgai Kecamatan kecamatan Labuhan Meringgai.

Dikatakan Iptu Saipullah Kampung Tangguh Nusantara ini di bentuk instruksi Presiden, namun melalui Kapolri. “KTN ini tidak hanya dibentuk secara simbolis, tetapi harus ada tindak lanjutnya. Dan saya harapkan di setiap rumah harus ada tempat cuci tangannya,” katanya.

Kapolsek menuturkan, KTN Desa Labuhan Maringgai harus bener bener di berbagai sektor. Terakhir kita saling bahu membahu menciptakan rasa aman dan nyaman di kecamatan. Labuhan Maringgai.

“Sesuai dengan Instruksi Bupati Lamtim Nomor : 360/71./31 SK/III/ 2021 tgl 3 Maret 2021, untuk sementara pelaksanaan hajatan bisa dilaksanakan dengan mengedepankan Prokes,” ungkap Iptu Saipullah.

Sementara itu, Camat Labuhan Maringgai, indrawati, S. Sos, pada kesempatan menyampaikan tujuan utama dibentuknya KTN, untuk mencegah penyebaran covid 19.

“Kita harus percaya adanya covid 19, kita tidak boleh takut namun kita mawas diri dalam melakukan aktifikas sehari-hari,” ungkapnya.

“kita harus benar-benar tangguh di berbagai bidang, kesehatan, pangan, ekonomi, keamanan. ditambahkan sesuai surat edaran bupati lamtim, masyarakat sudah boleh menggelar hajatan, namun tetap mengedepankan Protokol kesehatan,” pungkasc Camat.

Kepala UPTD Puskesmas Labuhan. Maringgai Sri Retno Hastuti , SKM, mengatakan dengan diresmikan
Kampung Tangguh Nusantara saat ini, kita harus siap siaga dalam hal terburuk apapun, terutama di bidang penanganan covid 19, sehubungan dengan covid 19, saat ini pemerintah sedang melaksanakan vaksinasi, jadi kita harus mensukseskan vaksinasi tersebut.

Dikatakan nantinya setiap desa harus bisa tangguh, setiap desa harus ada petugas covid 19, dan apabila ada yg meninggal yang menguburkan petugas dari desa dengan menggunakan APD lengkap,”ungkapnya.

“Posko dan para relawan gugus tugas covid 19 harus di aktifkan kembali, kita harus menerapkan 5 M yaitu memakai maskes, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi aktifitas,” harapnya.

Ditempat yang sama, Drs. Guna Wijaya Kades Labuhan Maringgai dalam rangka louncing KTN Desa Labuhan Maringgai mengatakan, program KTN ini di gagas Presiden RI. dan di percayakan penanganannya kepada Kapolri, dengan tujuan untuk penanggulangan covid 19 dan pemulihan ekonomi, Guna Wijaya berharap setelah di resmikannya KTN ini, mudah mudahan Desa Lab. Maringgai bener bener menjadi Desa Tangguh, di berbagai bidang dan masyarakat.

“Harus bener bener mempunyai rasa tanggung jawab, Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama dan kita sama sama peduli terhadap lingkungan,” kata dia.

Dikatakan Kades, tempat wisata dibuka, hajatan di perbolehkan sedangkan sekolahan di tutup, gimana anak-anak penerus kita. Desa karya tani terdapat para relawan gugus tugas covid 19, yang mana bertugas sangat solit menanggulangi dan memberikan informasi tentang covid 19.

Hadir dalam Louncing KTN, Camat Labuhan Maringgai, Indrawati, S. Sos, Kapolsek Labuhan Maringgai di mewakili Iptu Saipullah, SH (Panit I Binmas), Danramil Labuhan Maringgai Maringgai diwakili oleh Pelda Agung. GD selaku Babinsa, UPTD Puskesmas Labuhan Maringgai Maringgai Sri Retno Hastuti, SKM, Korwil dikbud Labuhan Maringgai, Mestijo, S. Pd, KUA Labuhan Maringgai diwakili oleh Khoirus Syafaah, Kades Labuhan Maringgai  Drs. Guna Wijaya, Para Kanit, Panit, kasi Polsek Labuhan Maringgai, Bhabinkamtibmas Desa Labuhan Maringgai Ketua BPD Desa Lab. Maringgai Johara Para perangkat Desa Labuhan Maringgai Perwakilan tokoh Masyarakat, Agama dan tokoh Adat beserta masyarakat DesaLabuhan Maringgai.(Red)