Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

Kepemimpinan Toyim Yusuf Gunung Raya Terus Berbenah

63
Pringsewu (MDSnews)—Pekon Gunung Raya mempunyai Visi dan Misi Mewujudkan Pekon yang Mandiri, Unggul dan Bertaqwa yang berbasiskan Masyarakat aktip Bergotong Royong. Misi Pekon Gunung Raya, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembangunan sektor pendidikan, kesehatan, pertanian dan kebudayaan.
Meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi, mewujutkan pembangunan Insprastruktur Pekon sesuai dengan harapan masyarakat,
Pekon Gunungraya, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, merupakan Pekon yang mempunyai luas wilayah 1597 Ha, terdiri dari tanah pesawahan, 44 Ha. Tanah permukiman 1500 Ha. Tanah Peladangan 47 Ha. Dan luas tanah Lain-lain 6 Ha, yang terbagi dari 4 Dusun dan 4 RT, dengan jumlah penduduk 1.016 jiwa, serta 261 Kepala Keluarga(KK), terdiri dari  jumlah Laki-laki 561 jiwa, jumlah perempuan 455 jiwa, jumlah KK 261, dan Jumlah KK RTM 203 jiwa.
Infrastruktur menjadi perhatian Pemerintah Pekon Gunung raya, kecamatan Pagelaran Utara, kabupaten Pringsewu Sebagai bentuk perhatian, Pemerintahan pekon memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk membangun infrastruktur pekonnya.
Beberapa sarana fisik desa diperbaiki dan dibangun, salah satunya yakni jalan yang berada di dusun dusun   pekon Gunung raya.
Lakon Gunung raya Toyim Yusuf, mengatakan pembangunan tersebut menggunakan dana desa tahun 2019. Menurutnya sarana tersebut cukup vital karena menunjang akses perekonomian warga pekon Gunung raya.
“Dibangunnya sarana penunjang tersebut diharapkan bisa melancarkan akses perekonomian. Kami sangat berterima kasih pemerintah pusat menggulirkan dana desa karena nilainya cukup besar dan bisa menggenjot infrastruktur,” ujarnya, kepada Medinas Lampung rabu (10/07/2019).
Lanjut Toyim Pemanfaatan dana desa yang tepat sasaran, akan menumbuh kembangkan suatu desa menjadi lebih optimal, serta, otomatis akan mewujutkan Inovasi yang muncul dari suatu pekon.
Realisasi Dana Desa tahap satu 2019 Pekon Gunung Raya, sesuai dengan peruntukannya hal ini hasil musyawarah Dusun (musdus) yang dituangkan dari hasil musyawarah Dusun melalui musyawarah Pekon (Musdes).
“Sebagai upaya peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan pekon, sesuai mewujudkan harapan, Dana Desa tahap satu 2019 fokus pada pembangunan diantaranya, jalan Onderlag sepanjang 300 meter didusun Sukamaju, Dua titik sumur bor yang berada didusun Sukamaju dan dusun Jati Agung, satu titik gorong-gorong di dusun Jati Agung serta pembangunan pagar kantor Pekon. semua insya alloh telah sesuai dengan peruntukannya, “jelas Toyim Yusuf.
“Guna terus mendukung program pemerintah, terutama, yang di anggarkan melalui Dana Desa, saya, beserta aparatur pekon gunungraya terus bahu membahu melaksanakan amanat pemerintah untuk mengalokasikan Dana Desa agar merata tepat sasaran sesuai perencanaan yang menyangkut kebutuhan pekon kedepan baik itu inspratruktur pemberdayaan hingga tingkat kebutuhan lain nya,”papar toyim.
Toyim menambahkan, ” untuk kedepan kami juga siap, akan menyajikan berbagai fisik pembangunan yang siap mengarah pada prioritas kebutuhan pekon. Untuk saat ini, telah kami wujudkan salah satunya, pembangunan sumur Bor merupakan program air bersih dengan kategori kebutuhan pekon, kami mengadakan pembuatan dua titik sumur bor yang kesemua nya itu terbangun dari anggaran Dana Desa.
Selain itu, saya khususnya, beserta aparatur pekon telah mempersiapkan program yang lebih mendukung kemajuan gunungraya untuk pengalokasian dana desa tahap kedua dan tahap seterusnya, yaitu melanjutkan tingkat kebutuhan masyarakat hingga mendetil, dan jika ada pekerjaan yang sempat belum terselesaikan yang telah terprogram, melalui tahap ke dua dan seterusnya akan segera secepatnya di realisasikan.
“Mudah-mudahan, gunungraya kedepan akan jauh lebih berkembang pesat dibanding pekon lain nya dalam mengembangkan pembangunan infrastruktur dan manusianya. “Tutup Toyim Yusuf.
Laporan.     Davit Segara
Editor.          Bulloh
Komentar
Menunggu...