KPU Secara Resmi Melantik 45 Orang PPK Untuk Pemilu di Tahun 2024

DAERAH HOME LAMPUNG POLITIK TERBARU Tulang Bawang Barat

Tulang Bawang Barat (MDSnews) – Ketua Cecep Ramdani Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung melantik secara resmi 45 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu Tahun 2024, bertempat di Aula Wisma Asri Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Rabu (4/1/23).

Pelantikan tersebut di dasari pengumuman KPU Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor : 188/PP.04.1-PU/1812/2022 dan telah dilakukan Rapat Pleno Nomor: 100/PK.01/1812/2022 tanggal 14 Desember 2022 tentang Penetapan Hasil Seleksi Panitia dalam rangka Pelantikan PPK.

PJ Bupati Zaidirina melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemkab, Untung Budiono dalam sambutannya mengungkapkan bahwa momentum ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kabupaten Tulang Bawang Barat, nantinya dapat terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga aman dan damai dapat tercipta.

“Saya ucapkan selamat bagi PPK yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatan, mudah-mudahan dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Lanjutnya Untung Budiono juga mengatakan keberadaan PPK diatur berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penyelengara . Bahwa mereka yang telah terpilih ini haruslah memiliki integritas dan netralitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan di tingkat kecamatan pada jalannya Pemilu mendatang.

“PPK memiliki fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan Pemilu, posisinya sebagai penanggung jawab lapangan. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa PPK merupakan salah satu “ujung tombak” yang menentukan baik atau buruknya pelaksanaan sebuah Pemilu,” kata dia.

Disisi lain Cecep Ramdani mengucapkan dalam sambutannya berharap PPK yang sudah dilantik dapat berkoordinasi kepada instansi jajaran dalam melaksanakan tugas pada pemilu 2024.

“Saya ucapkan selamat kepada panitia pemilihan Kecamatan Se-Kabupaten Tulang Bawang Barat yang telah dilantik mudah-mudahan bisa berkoordinasi kepada instansi jajaran dalam melaksanakan tugas pada pemilu 2024,” ucapnya.

Kemudian Ketua KPUD juga menjelaskan berdasarkan Keputusan Kemendagri bahwa Kabupaten Tulang Bawang Barat telah diresmikan menjadi 103 dengan rincian 100 Tiyuh dan 3 Kelurahan, dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 tidak serta merta hanya KPU dan Pemerintah Daerah namun berharap agar seluruh jajaran Stakeholder ikut serta mendukung berjalannya pemilu 2024.

“Tentunya harapan kami KPU Kabupaten Tulang Bawang Barat kepada Panitia Pemilihan Kecamatan untuk segera menyesuaikan diri pada tahapan pemilu 2024 , kami juga akan segera menyediakan Sekretariat untuk rekan-rekan,” jelasnya.

Lebih dalam Cecep juga mengatakan bahwa ada 7 tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat dari KPU menetapkan 890 TPS di masing-masing wilayah untuk mendukung berjalannya Pemilu yang Maksimal.

“Tentunya rekan-rekan PPK agar segera menyesuaikan dan mempedomani pelaksanaan tugas sebagai panitia pada tingkat Kecamatan dan saya berharap kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah untuk ikut mendukung dan membantu berjalannya Pemilu tahun 2024,” pungkasnya. (NL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *