Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

Meriahkan HUT RI ke-74, Ratusan Goweser Lambar ‘Ngayuh Bebakhong’ Track 20 Kilometer

55

LAMPUNG BARAT (MDSnews) – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74, ratusan goweser Lampung Barat, yang terdiri dari berbagai komunitas yang ada di kabupaten setempat, ikut andil bagian dalam acara ‘Ngayuh Bebakhong’ (nge-gowes bersama), yang dimotori oleh Liwa Gowes Community (LGC) dengan jarak tempuh sepanjang 20 kilometer, dengan start Kebun Raya Liwa (KRL), melintasi komplek perumahan dinas atas,  makam pahlawan, simpang serdang, lalu finis kembali di KRL, pada Minggu (18/8).

Ketua panitia, Mujitahidin mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan selain memeriahkan HUT RI ke-74 Tahun 2019, juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota komunitas sepeda yang ada di bumi beguai jejama sai betik tersebut, sesuai dengan tema, Sai Kekhita Lamon Puakhi, Ngayuh Jejama, Gumah Cekhitani’. 

Pentingnya acara tersebut, kata dia, yakni juga untuk menyatukan seluruh komunitas sepeda yang ada. Terlebih komunitas sepeda di kabupaten setempat cukup banyak, mulai dari Sumberjaya hingga Liwa.

“Selama ini sudah ada beberapa komunitas yang telah terbentuk di Lampung Barat, mulai dari Sumberjaya sampai ke Liwa. Komunitas-komunitas itu aktif melakukan atau mengikuti kegiatan gowes masing-masing maupun gowes bareng, baik lokalan dan diluar daerah. Nah, untuk menyikapinya, kita ingin semua komunitas-komunitas itu menyatu dengan harmonis dalam satu wadah bernama Komunitas Goweser Lampung Barat,” imbuhnya.

Dijelaskannya, ‘Ngayuh Bebakhong’ Goweser Lampung Barat melalui track sepanjang +- 20 km dengan variasi track MTB XC Trail yang cukup menantang dan sekaligus memacu adrenaline para pecinta sepeda gunung yang mengikuti kegiatan dimaksud. Selain menantang jalur tersebut juga cukup menyenangkan bagi para goweser karena melalui beberapa spot indah nan apik khas daerah pegunungan untuk berswafoto dan juga menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. 

“Jalur track onroad dan offroad dengan variasi datar dan tanjakan yang cukup menguras tenaga, maupun turunan yang memacu adrenaline para goweser, sekaligus menikmati pemandangan indah yang memanjakan mata dan menyejukkan hati” urainya.

Terusnya, aktivitas bersepeda selain untuk menyalurkan hobby juga sebagai sarana menjaga kesehatan dan kebugaran jiwa raga, serta merupakan bentuk aktivitas interaksi sosial positif. Sekaligus juga sebagai aksi nyata dalam mendukung upaya hemat energi dan ramah lingkungan yang sejalan dengan komitmen Bupati Lampung Barat dalam mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Sebagai Kabupaten Konservasi untuk kesejahteraan masyarakat Lampung Barat yang berlandaskan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan” imbuhnya.

Lebih lanjutBang Idin—sapaan Mujitahidin mengungkapkan, ‘Ngayuh Bebakhong” Goweser Lampung Barat diikuti oleh beberapa komunitas, yaitu Sumber Jaya Bike Cycle (SBC), Pajar Laksana Gowes Community (Palak Go.Co.), Gowes Santai Cari Kopi (Gocapi) Liwa, Gowes Tipis.com (GT.c) dan tuan rumah Komunitas Goweser Liwa LGC. 

“Kedepan dalam waktu dekat kita juga akan menggelar Gowes Bareng Goweser Lampung (GBGL) dengan mengundang seluruh Goweser Lampung,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan itu panitia menyiapkan kupon hadiah hiburan bagi seluruh peserta yang akan diundi di akhir acara untuk memperebutkan doorprize menarik. (Hendri)

68 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar
Menunggu...