Pangeran Alprinse Hadiri Tingalan Wiyosan Dalem Jangkep Yuswa ke-59

Budaya HOME NASIONAL

JOGJAKARTA (MDSnews) – Putra mahkota Sultan kepaksian Pernong Sekala brak Pangeran Alprinse Syah Pernong menghadiri kegiatan Tingalan Wiyosan Dalem Jangkep Yuswa ke-59 Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya KBPH Parbu Suryodilogo Paku Alam X, di Bangsal Sewatama Kadipaten Paku Alaman Jogjakarta .

Kehadiran Pangeran Alprinse mewakili ayah handanya yang juga merupaka anggota dewan kerajaan Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) .

SPDB Pangeran Edward Syah Pernong mengatakan , sehubungan Paku Alam adalah anggota MAKN, maka majelis adat ngapreasi dan ikut mensyukuri pada hari ulang tahun Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya KBPH Parbu Suryodilogo Paku Alam X dan datang bersama rombongan kerajaan skala Brak kepaksian Pernong.

” Ini adalah bentuk apresiasi dan keinginan MAKN sebagai tanda turut bersyukur dan gembira atas ulang tahun tersebut. Meskipun kegiatan ulang tahun ini merupakan bagian dari internal perpaku alaman, namun MAKN ikut mensyukuri ulang tahun tersebut ,” katanya .

Sementara , Juru bicara Kerajaan paksi Pak Sekala brak Kepaksian Pernong, Raja Duta Perbangsa Seem R Canggu, yang mendampingi Putra Mahkota, mengatakan pada kesempatan tersebut Putra Mahkota yang mewakili Paduka SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan kepaksian Pernong Sekala Brak , Gelar Sultan Sekala brak Yang Dipertuan ke-23, menyampaikan ucapan selamat secara langsung.

“Alhamdulillah, Putra Mahkota YM Alprinse, dengan kerendahan hati memberikan penghormatan dan menyampaikan ucapan selamat milad dan memberikan doa secara langsung, untu kebaikan KGPAA Paku Alam X, yang hari ini genap berusia 59 Tahun,” kata Duta Perbangsa, Jumat (13/3).

Dijelaskan Duta Perbangsa, kedatangan Putra Mahkota YM Alprinse, tidak sendirian, tetapi sesuai dengan tata titi adat, setiap perjalanan adat harus juga diikuti dengan prosesi adat Lapahan Sai Batin, seperti kehadiran di lokasi acara Putra Mahkota mendapatkan pengawalan dari Hulubalang dan diarak menggunakan Aban Gemisikh.

“Kehadiran Putra Mahkota di Bangsal Sewatama Kadipaten Paku Alaman, diarak menggunakan Aban Gemisikh, yang di dalamnya juga PYM Raja Gowa ke-38, PYM Sultan Kutai Kerta Negara, PYM Sultan Sumedang Larang dan PYM Raja Nusak Termanu Rote NTT, dengan pengawalan Hulu Balang (Pendekar Puting Beliung, Pendekar Labung Angin, Tekhakhot Pedang dan Pendekar Gippul Dalom) dan iringan Hadra,” jelasnya.

Kehadiran Pangeran Alprinse, bersama perangkat lengkap prosesi adat lapahan Sai Batin, kata Duta Perbangsa, mendapat apresiasi dari semua yang hadir, karena menurut mereka baru Kepaksian Pernong, yang datang ke Kadipaten Paku Alaman Jogjakarta, datang dengan membawa perangkat adat lengkap.

” kehadiran Pangeran bersama 120 Kerabat kerjaan dari Skala Brak , Pesisir Barat ,Tanggamus, Pringsewu dan Way Handak dibawah Pimpinan panglima dari Selatan dan panglima dari Tanggamus ,” katanya . (Erlan)

 52 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *