Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

PENCERAHAN. : Politik Dan Pencegahan Korupsi 

50
OPINI
Pada Tahun 2004 seseoran pengamat anti korupsi bertemu Pejabat PU China di kantornya. Dia menunjukan Paket jalan kereta. Dia bilang ini akan jadi mega proyek. Tapi tahukah anda, selama proyek ini berlangsung akan banyak kader partai yang akan masuk penjara dan kena hukuman mati. Mengapa ? Mereka terjaring team Anti korupsi.
.
Saat itu KPK China memang sedang santer melakukan penangkapan pejabat yang terlibat korupsi. Setiap OTT bukan hanya pejabat yang kena jerat tetapi, banyak juga pengusaha yang ikut ditangkap. Maklum setiap tindak korupsi pasti melibatkan pengusaha. Lambat laun keadaan semakin mencekam bagi kalangan pejabat dan pengusaha.  Expansi negara dalam belanja melambat. Tingkat realisasi APBN terus menurun. Ini sangat mengkawatirkan Elite Partai Komunis yang berkuasa.
Ancaman Stuck pertumbuhan berkelanjutan akan terjadi hanya karena gerakan anti korupsi. Belum lagi didaerah KPK kerjasama dengan Kader Partai yang mau membayar untuk menghabisi saingannya. Maklum motif bersaing sesama kader partai, kadang menggunakan KPK untuk merekayasa OTT. Ini tidak bisa dihindari, sama seperti waktu revolusi kebudayaan.
.
Antar kader saling fitnah untuk menghabis teman sendiri demi karir bisa melesat naik.  Karena itulah dibentuk Dewan Pengawas yang langsung dibawah presiden. Sementara KPK dibawah PM. Apa yang terjadi? Korupsi tetap tidak berkurang.  Bahwa antara KPK dan pengawas saling intai untuk menyerang. Wakil walikota Beijing di hukum mati karena OTT. Padahal karier nya sangat cemerlang dan bersih.
.
Tahun 2008, china masuk dalam perang terhadap Korupsi secara menyeluruh lewat sistem pencegahan. Saat itu E-goverment China sudah terintegrasi. Lewat e-goverment, semua Aplikasi belanja dan perizinan terhubung dengan KPK China. KPK China juga melengkapi setiap kementerian, instansi , BUMN, dengan Aplikasi Good governanf risk management compliance. Sehingga sebelum orang atau Instasi melakukan korupsi sudah ada peringatan dini dalam bentuk  Suspection Report secara Online ke KPK. Ini otomatis menghentikan semua rencana untuk korupsi. Jadi rencana saja sudah terdeteksi, apalagi berbuat. Tanpa disadari KPK China telah berfungsi melaksanakan reformasi birokrasi secara luas. Itu memungkinkan karena kekuasan KPK sangat luas dan langsung dibawah presiden. Otomatis birokrasi jadi bersih.
.
Apakah cukup ? Belum. KPK China mengeluarkan surat kepada seluruh Pemda bahwa tempat hiburan malam dan restoran mewah dilarang dikunjungi oleh pejabat pemerintah ( sipil maupun militer ). Semua tempat hiburan dipasang CCTV. Cukup? Belum. KPK China juga menetapkan  transaksi diatas 10.000 yuan , pedagang wajib meminta konsumen melampirkan KTP.
.
Kebayang kan, kalau PNS belanja, pasti masuk file Suspect kalau gajinya engga memadai untuk belanja. Semua  rekening bank PNS di monitor oleh KPK China. Apabila kena sistem Good Governant compliance langsung di suspect. Hanya masalah waktu akan dipanggil oleh KPK. Apalagi sekarang lebih 50%  transksi telah menggunakan aplikasi E-money, akan semakin mudah memonitor rekening  dan lalulintas uang antar orang.
.
Dengan sistem pencegahan itu, korupsi massive dapat dicegah. KPK china juga menggunakan aksi Shock terapi dengan hukuman mati bagi koruptor dan ditayangkan langsung TV.  Para keluarga dimiskinkan. Cukup ? Belum. Pendidikan Anti korupsi diberikan sejak bangku SD.  Film propaganda tentang bahaya korupsi ditayangkan berseri oleh TV dan dikemas dalam seni hiburan namun mendidik.
.
Pencegahan korupsi bukan hanya soal memerangi korupsi tetapi membangun mental anti korupsi. Di Indonesia, 17 tahun KPK hanya buang waktu yang berharga dan hampir harapan reformasi pupus. Itu karena KPK berpolitik, tidak profesional. Padahal amanah UU sangat ideal kepada KPK. Kekuasannya sangat besar tapi hasil minimal. Revisi UU seharunya menguatkan Fungsi KPK namun juga memaksa KPK profesional dalam sistem Check and Balance.
By, EJB, Red,)

59 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar
Menunggu...