Prioritaskan Pembangunan, Kampung Gunung Labuhan Gelar Musrenbang

DAERAH HOME Way Kanan

WAYKANAN  – Guna mengevaluasi dan menyusun skala prioritas pembangunan berkelanjutan tahun anggaran 2021 kampung Gunung Labuhan Kec. Gunung Labuhan menggelar Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kampung.

Musrenbang Kampung yang dilaksanakan di Gedung kantor pemerintahan kampung, kamis (8 Oktober 2020) ini dihadiri oleh Kepala Kampung Gunung Labuhan Yanto, Camat Gunung Labuhan Radiyus Oktaria, S.Stp, Apartur Kampung, tokoh dan babinsa Kampung setempat.

Dalam sambutanya, Kepala Kampung Gunung Labuhan Yanto memaparkan Laporan hasil kegiatanya yang telah dilaksanakan pada tahun Anggaran 2020 yang bersumber dari Dana Desa (DD) telah terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun berdasarkan musyawarah pembangunan sebelumnya .

Namun situasi Bencana Non Alam Copid 19 yang terjadi, diakui olehnya fokus penggunaan Anggaran dialihkan guna menangulangi Akibat yang berdampak pada sektor Ekonomi yang terjadi ditengah masyarakat.

” Tentu saya sadari, targetan priritas pembangunan Infrstruktur yang semula telah kita Rencanakan dan dianggarkan sebelumnya dikampung Gunung Labuhan ini tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya. Hal tersebut dikarenakan Alokasi Anggaran dialihkan Guna menanggulangi Dampak Dari Copid19, ” katanya .

Masih menurut Yanto , meskipun alokasi Anggaran dialihkan kampung Gunung labuhan ditahun mata anggaran 2020 ini tersisa serapan pembangunan Infrastruk pembagunan lanjutan jalan lingkungan di dusun 3 dan 4 sepanjang 850 Meter.

Alokasi tersebut menyesuaikan dengan jumlah Keluarga yang diberikan bantuan langsung tunai sebanyak 115 kak yang berseumber dari dana desa dan penambahan 600 kepala keluarga dari sumber proggram bantuan sosial lainya dari total kepala keluarga 900 kk yang ada di kapmung Gunung Labuhan.

Hal senada dibeberkan oleh kaur Perencanaan Kampung Gunung Labuhan, Ujang Efendi, dirinya menuturkan dari beberpa usulan masyarakat yang mampun tercaper oleh DD tahun 2020 ini pembangunaan peningkatan jalan lingkungan yang dinilai mendesak dan sangat dibutuhkan masyarakat guna kelancaran aktivitas masyarakat yang notabennya adalah petani.

Masih menurut Ujang selain peningkatan jalan beberpa titik sumber Air dibangung pemerintah kampung agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan sumber Air yang bersih utnuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“ Pemerataan pembangunan juga tetap kita utamakan dalam menyusun Anggaran Dana desa, 4 titim Sumbur Bor telah kita bangun yang tersebar di 4 dusun yang Ada , ” tandasnya .

Penyusunan perencanaan pembangunan di kevamatan gunung labuhan terus dikebut, Guna menyambut Proggram pembangunan Dana Desa tahun 2021. Selain menggelar Musrenbang kampung, beberapa kampung yang ada di kecamatan Gunung labuhan juga telah melakukan monitoring pembangunan sebagai Upaya pengawasan Proggram Dana Desa di kecamatan tersebut.

MusrenBang Kampung ini dilaksanakan dengan penerpaan standar protokol kesehatan dan untuk selanjutnya usulan pembangunan yang berdasarkan dri musyawarah kampung akan dibawa sebagai bahan penyusunan pembangunan di tingkatan kecamatan.

 118 total views,  2 views today