Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

Rasimin : Inovasi Pembangunan  Adalah Suatu Bentuk Keberhasilan Membangun 

0 41
Pringsewu ( MDSnews)—-Pembangunan merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan proses
keseluruhan sistem penyelenggaraan pemerintah dan seluruh aspek dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan
tujuan. Upaya pembangunan dari paling yang terkecil diwujudkan melalui pembangunan Pekon, pembangunan selama ini hanya menjadikan pekon sebagai objek pembangunan bukan subjek pembangunan.
Padahal pekon merupakan organisasi pemerintah terkecil yang berhadapan dengan kepentingan masyarakat secara
langsung. Untuk membantu mempercepat pembangunan pekon, pemerintah kemudian memberikan program
bantuan Alokasi Dana Desa (ADD). Pemberian bantuan dana ADD diberikan sebagai dana stimulant dan
perangsang bagi pertumbuhan pembangunan pekon. Bantuan ADD juga diberikan kepada pekon Pujiharjo, Kecamatan pagelaran, Kabupaten pringsewu.
Pada pekon pujiharjo 70% dari jumlah dana ADD yang diterima dimanfaatkan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur pekon. Namun pembangunan infrastruktur yang ada sudah berjalan maksimal, bahkan sesuai dengan ketentuan prinsip pembangunan pekon, hal itu yang
kemudian melatarbelakangi untuk melakukan pantauan tentang pemanfaatan ADD dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di pekon pujiharjo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu.
Dari Hasil pantauan di lapangan menunjukan bahwa pemanfaatan ADD dalam meningkatkan pembangunan
infrastruktur pekon di pekon pujiiharjo sudah berjalan dengan baik, namun pada beberapa variabel tertentu masih proses pengerjaan.
Rasimin kepala Pekon Pujiharjo, merupakan sosok pemimpin yang ramah, ulet dan tekun dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakatnya, bahkan dikenal sangat bijak dalam mengambil suatu keputusan, dalam hal persoalan, Rasimin Dimata aparatur pekon dikenal sosok yang tak mengenal lelah dalam menjalankan programnya, bekerja dengan tulus ikhlas guna mewujutkan  pekon yang maju dan mandiri. 
Rasimin Kakon Pujiharjo didampingi Sadiman sekertarisnya kepada Medinas Lampung mengatakan,’   “Pengalokasian pembangunan infrastruktur yang sudah direalisasi maupun yang sedang berjalan di Pekon Pujiharjo pada tahun 2019 di kantor pekon setempat, Senin (12/8/19).
Tentunya atas permintaan masyarakat setempat sesuai hasil musyawarah masyarakat pekon yang telah di tuangkan dalam Musrenbang sebelumnya, jenis pembangunannya ada tiga item pembangunan yang direalisasikan terbagi beberapa titik, Pembangunan tahap 1 dan tahap 2 yang sudah terealisasi berupa, pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) sepanjang 394 m di Dusun 1 dan di Dusun 2, Gorong-gorong plat dengan ukuran 1×6 m di Dusun 1 dan di Dusun 2, sementara pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahap 3 yakni pembangunan jalan Rabat beton sepanjang 104×3 m, 104×1 m, 146×2,5 m yang berada di Dusun 2. Adanya pembangunan tersebut tentunya melibatkan masyarakat setempat dalam proses pengerjaannya, sementara untuk pembangunan yang menjadi prioritas pada tahun ini adalah pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) sepanjang 394 m yang berada di Dusun 1 dan di Dusun 2,” ucap Rasimin.
Dikatakan Rasimin, “Pekon Pujiharjo yang luas wilayahnya 1,22 hektare, jumlah penduduk 1285 jiwa dari 396 KK, dengan total pendapatan Anggaran Dana Desa 2019 sebesar Rp. 1,302,346,599,- di bagi beberapa bidang, diantaranya, Bidang Pemerintahan Pekon sebesar Rp. 459,686,772,- Bidang Pembangunan Pekon sebesar Rp. 571,885,500,- Bidang Pembinaan Masyarakat sebesar Rp. 10,740,600,-Bidang Pemberdayaan Masyarakat sebesar Rp. 163,667,500,- semua sesuai dengan peruntukannya,” paparnya.
Haryono warga masyarakat setempat “menilai aparatur Pekon Pujiharjo terutama pada Rasimin dari tahun ke tahun mengalokasikan anggaran dana desa penuh transparan dan akuntabel yang sudah memperlihatkan transparansinya dalam menggunakan anggaran dana desa kepada masyarakat setempat, serta memperdayakan warga masyarakat dalam proses pengerjaannya. Dan terkait pembangunan yang sudah terealisasi, kini masyarakat Pekon Pujiharjo dapat merasakan manfaatnya untuk melancarkan aktivitas sehari-hari dalam meningkatkan perekonomian,” pungkasnya.
Laporan.     Nanda Ropianto
Editor.          Davit Segara

47 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar
Menunggu...