Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

Sosok Kompol Andik Purnomo Sigit Dikagumi Masyarakat Dua Kabupaten

Tanggamus (MDSnews)—Ungkapan kejujuran di hati masyarakat, Jujur kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian sudah mencapai tahap yang mengenaskan, kini orang-orang sudah tidak begitu menghormati keberadaan organisasi pemerintah yang tugasnya adalah mengayomi melindungi dan melayani masyarakat tersebut. Polisi sekarang masih saja selalu diidentikkan dengan Uang Damai, Suap, Tanggapan Layanan Masyarakat yang mengecewakan dan sebagainya.
Tidak menampik, mungkin ada segelintir yang seperti itu, namun tak boleh menutup mata juga jika ada yang masih begitu, tapi masih banyak polisi yang keren luar biasa. Mereka profesional dan benar-benar mengaplikasikan semua sumpah jabatan dan janji baktinya. Bahkan mungkin ada pula yang sampai mengorbankan nyawa dan kita tidak pernah akan melihat hal tersebut.
Saatnya kita realita dan fakta pikiran aneh-aneh tentang polisi di Indonesia. Berikut adalah deretan kisah inspiratif dan menyentuh para polisi yang jauh dari hal-hal buruk seperti yang kita pikirkan bahkan lebih baik.
Jujur hanya ada dua polisi yang jujur, Polisi Tidur dan Patung Polisi. Begitulah yang pernah diucapkan mantan presiden kita Gus Dur tentang sosok polisi. Pertanyaannya, apakah ada sosok polisi yang benar-benar jujur ? Ya. Jawaban singkat ini pasti akan membuatmu bertanya-tanya hal hebat apa sih yang pernah dilakukan polisi tersebut.
Publik tahu bahwa Polri bertugas untuk melindungi dan mengayomi masyarakat dari segala kriminalitas , melayani masyarakat, serta menegakkan hukum dengan mengenakan sanksi kepada siapa saja yang dengan sengaja melanggar hukum di Indonesia.
Hal ini juga sudah tertuang pada  pasal 30 ayat 4 UUD 1945, yang berbunyi  “Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.”.
Bukti masyarakat sangat dibuat kagum oleh sosok polisi yang satu ini, dia sangat peduli terhadap kondisi masyarakat, yang bukan cuma dari sisi keamanan saja tetapi dari semua aspek, terlebihnya lagi peduli membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi dengan menyiapkan ruang agar bisa menghasilkan pendapatan. Masyarakat lampung khususnya pringsewu dan Tanggamus, selama ada beliau masyarakat merasa bangga masih memiliki sosok Polri seperti yang dilakukan Polisi kita yang satu ini.
Namanya Kompol Andik Purnomo Sigit, SH, SIK, MM,  siapa sich yang tidak kenal dengan nama ini, sejak menjabat kapolsek Pringsewu hingga jabatan Wakapolres Tanggamus selalu menjadi pembicaraan semua warga masyarakat tentang pelayanan dan pengayomannya yang di kenal merakyat dan dan baik terhadap masyarakat tanpa pandang bulu baik dari kaum miskin maupun kaum menengah di matanya sama dimana tempatnya bertugas.  
Di wilayah kabupaten Pringsewu Belum sampai dua tahun dirinya menjabat sebagai Kapolsek, namun banyak hal yang sudah dia dilakukan, menariknya selain melaksanakan tugas-tugas utama sebagai seorang polisi, laki-laki yang berasal dari pulau jawa ini,  juga dikenal sangat peduli dengan masalah lingkungan dan sosial kemasyarakatan. Hal ini dapat dilihat dari kepeduliannya terhadap masyarakat.
Diluar jam tugas, sosok perwira ini sempat sempatnya mengunjungi pengusaha pengusaha kecil guna memberikan pengarahan dan bimbingan serta motivasi yang bertujuan kemajuan pengusaha kecil guna mengurangi kemiskinan. Baginya awal kejahatan mayoritas karena ekonomi jadi bagai mana kita ciptakan pekerjaan guna mengurangi pengangguran dan kemiskinan.
Selain memotivasi pengusaha, sosok Andik Purnomo, beserta  anggotanya tak bosan bosan, mengunjungi tokoh masyarakat, tokoh Agama dan pemuda diwilayah tempatnya bertugas guna mensosialisasikan Bahayanya Narkotika dan aliran Radikalisme hal tersebut di sambutan antusias dari masyarakat. Tidak cukup disitu saja bahkan secara terus menerus dilakukan. Bahkan Di lanjutkan kegiatan jumat keliling yang jadi program setiap hari jumat, program jumat di jadikan sebagai senjata  bagi perwira satu ini supaya lebih dekat dengan masyarakat, masyarakat pun merasa nyaman dan aman apabila dekat dengan sosok Andik Purnomo Sigit.
Hal lain Andik dikenal tegas dan Konsisten Perangi kejahatan seperti, Narkoba, Curat, Curas,  dan Perampokan, seperti perampokan di siang bolong, yang sempat baku tembak seperti di film- film laga, Untung Andik purnomo berhasil menangkap para perampok, beserta senjata api yang digunakan perampok. Tidak hanya menangkap pelakunya tetapi benar-benar memberantas dan memberikan efek jera.
“Seperti yang terucap dari mulut masyarakat Luar Biasa Pak Andik, ucap masyarakat, betul betul ciptakan kenyamanan, semoga semua polisi seperti Andik jadi tauladan polisi lainnya, yang tetap pada prinsif, amal ma’ruf nahi mungkar, pasti akan mendapatkan imbalan pahala yang lebih dari Allah SWT” ungkap Rizki Putra tokoh pringsewu yang juga anggota DPRD.
Jiwa, ikhlas dan rela berkorban memang sudah melekat pada dirinya, hal ini dapat  dibuktikan dengan beberapa hasil kerja kerasnya semata untuk masyarakat. Sosok pemimpin yang patut diteladani oleh semua orang, dia bekerja dengan hati demi masyarakat dan bangsa khusus kabupaten pringsewu dan tanggamus Lampung yang kita cintai.               *(Bulloh)*

63 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar
Menunggu...