Tulang Bawang Barat,(MDSnews)-Tiyuh (Desa) Pulung Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah, melalui jargon ‘Tiyuh Calak’ berhasil melakukan berbagai terobosan di sejumlah bidang, salah satunya dibidang pelayanan publik berbasis digital.
Kepala Tiyuh Hendarwan mengatakan, untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat, efektif, dan efisien pihaknya telah membuat aplikasi administrasi dan pelayananan tiyuh berbasis android IOS dan website.
“Aplikasi ini kami beri nama SITI atau Sistem Informasi Tiyuh. Aplikasi ini kita buat selain untuk memudahkan warga dalam mengakses informasi tiyuh, juga sebagai sarana publikasi kegiatan sekaligus bentuk tranparansi tiyuh khususnya kepada warga pulung kencana,” jelas Hendarwan saat ditemui diruang kerjanya pada senin (4)10/2021)
Dengan adanya aplikasi tersebut, warga bisa membuat surat-surat yang dibutuhkan secara mandiri dari rumah, yang langsung terintegrasi dengan operator tiyuh, seperti akte kelahiran dan kartu keluarga.
“Bagi yang langsung datang ke tiyuh, kita sudah menyiapkan alat taping, dimana alat ini terkoneksi secara otomatis dengan operator kita yang berjumlah lima orang. Saat mendaftar, warga cukup meletakkan KTP nya di alat taping, setelah sinkron akan langsung terhubung ke website tiyuh dan memilih pelayanan yang dibutuhkan, sampai di operator langsung di cetak, dan itu semua gratis tanpa kita pungut bayaran,” jelas Hendarwan.
Untuk basis data lanjut dia, dipusatkan dalam command center yang memuat data UMKM, Bansos Pusat, mantera Tubaba, Penerima BLT DD, Peta Desa, Data penduduk PNS, tni, polri, karyawan/ karyawati, petani, buruh dan lainnya.
Selain aplikasi, Tiyuh yang mendapatkan penghargaan dari Kemendes terkait penyaluran BLT tahun 2020 tersebut, ternyata mempunyai metode tersendiri dalam berinteraksi dengan warganya.
“Sebagai media interaksi sosial, kita meluncurkan Pulung TV, sebuah cannel youtube resmi tiyuh yang menampilkan informasi terkini di tingkat tiyuh, regional maupun nasional. Disitu juga kita hadirkan program podcast dengan mendatangkan narasumber berkompeten serta dipandu oleh pemuda-pemudi tiyuh yang handal,” ungkapnya.
Sementara Di bidang pelayanan lainnya, Kepala Tiyuh terbaik se-Propinsi Lampung melalui SK Gubernur No. G/351/V.12/HK/2021 ini mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Samsat meluncurkan aplikasi E-Samti atau Elektronik Samsat Tiyuh yang dikelola Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMTi).
“Layanan ini tidak hanya terbatas bagi warga pulung kencana saja, akan tetapi dapat di akses pula oleh seluruh masyarakat se-Provinsi Lampung, yang ingin melakukan pembayararan pajak kendaraan baik roda dua maupun roda empat miliknya, tanpa harus ke Kantor Samsat,” tutur hendarwan.
Terkait peran dalam menjaga kamtibmas diwilayahnya, pihaknya juga telah memasang 8 buah CVTV yang di sebar di sejumlah titik rawan kejahatan dan kecelakaaan.
“Berkat CCTV yang kita pasang itu, telah berhasil membantu aparat kepolisian dalam mengungkap beberapa kasus aksi kejahatan,” katanya.
Sementara itu di bidang pelayanan sosial, pihak tiyuh memberikan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kelas lll secara gratis, kepada 246 orang warga kurang mampu, melalui program pengelolaan Bank sampah.
“Pembayaran iuran BPJS warga tersebut, dari pengelolaan sampah lingkungan. Dengan cara menjual sampah yang bernilai ekonomis lalu hasilnya kita pergunakan untuk membayar iuran BPJS warga yang kurang mampu pungkasnya.(pani)