Tulang Bawang Barat(MDs)-Berdasarkan informasi yang bersumber dari website Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (SIRUP-LKPP) Kabupaten Tulang Bawang Barat di sekretariat DPRD pada tahun 2023 menayangkan Nama PaketA.7.2. Belanja Jasa Tenaga Kebersihan dengan uraian pekerjaan,belanja jasa tenaga kebersihan gedung dan halaman dengan pagu anggaran Rp.197.500.000-, Kode RUP 41777558 volume satu paket dengan metode E-purchasing
Namun masih ada lagi Nama PaketA.7.2.a Belanja Jasa Tenaga Kebersihan dengan uraian pekerjaan Pengadaan Tenaga Kebersihan Pagu Rp.197.500.000-, Kode RUP 42255951 dengan metode E-purchasing volume satu paket.
Jenis kegiatan Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Nama Paket: A.7.2. Petugas Kebersihan.diskripsi, petugas kebersihan dengan Pagu anggaran Rp.275.400.000-, Kode RUP 34654189 dengan metode Swakelola tipe 1.
Terdapat pula pada jenis kegiatan Layanan Administrasi DPRD Nama Paket: A.11.4. Belanja Jasa Tenaga Kebersihan diskripsi Petugas kebersihan dengan Pagu anggaran Rp.20.400.000-, Dengan koe RUP 34660337 dengan metode Swakelola tipe 1.
Padahal Peraturan Persiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana yang telah di rubah menjadi peraturan presiden nomor 12 tahun 2022. Dalam pasal 4 pengadaan barang /jasa bertujuan untuk:
Pada huruf a.menjelaskan bahwa menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang di belanjakan,di ukur dari aspek kualitas,kuantitas,waktu,biaya,lokasi dan penyedia.
Saat awak media melakukan konfirmasi ke pihak sekretariat DPRD yang membidangi kegiatan tersebut,Mudianto selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) membenarkan kegiatan kebersihan di gedung DPRD memiliki dua metode Swakelola dan E-purchasing.
“Untuk jasa kebersihan gedung DPRD bagian di luar gedung dan di lantai luar ruangan itu di lakukan oleh penyedia kalau yang Swakelola kita laksanakan sendiri melibatkan OB atau tenaga honorer,” ujar nya Selasa (2/5/2023).
Dirinya juga mengakui bila di DPRD ada petugas kebersihan sebanyak 38 pegawai yang di bagikan masing-masing lantai dan di setiap ruangan untuk melakukan kebersihan pada ruangan tersebut.dengan perhitungan dengan 850 ribu disetiap bulannya.dirinya juga enggan berkomentar dalam hal tata cara ataupun teknis kegiatan tersebut.dan menyarankan agar konfirmasi kepada Pengguna Anggaran ( PA) rudiyansyah selaku ketua seketariat DPRD dan Eliana sebagai Pejabat Pembuat Komitmen selaku penanggung jawab anggaran dan
Pelaksana penanggung jawaban anggaran.
“Kalou untuk OB seluruh nya ada 38 0rang dan untuk gaji nya Rp.850.000,- setiap bulan nya biar jelas ke PA,PPK saya takut kesalahan menjawab nya.”elaknya.
Hingga berita ini di terbitkan Rudiansyah selaku PA dan Eliana PPK belum dapat di konfirmasi.(*/read).