Pemkab Tubaba dan Ombudsman Lampung Sepakat Perkuat Kualitas Pelayanan Publik

DAERAH HOME LAMPUNG TERBARU Tulang Bawang Barat

TULANG BAWANG BARAT (MDSNews) –Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menyambut hangat kedatangan jajaran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung. Pertemuan ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat sinergi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Tubaba, saya mengucapkan selamat datang kepada jajaran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir dan bersinergi bersama kami. Kehadiran Ombudsman hari ini merupakan kehormatan sekaligus motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah ini,” ujar Bupati Tubaba, Novriwan Jaya, dalam sambutannya.Rabu (13/08/2025), kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten setempat.

Novriwan menegaskan, pelayanan publik yang cepat, transparan, akuntabel, dan berkeadilan adalah hak setiap warga sekaligus kewajiban pemerintah.

“Tantangan ke depan adalah mewujudkan pelayanan prima di seluruh lini, mulai dari kabupaten hingga tiyuh,” tegasnya.

Sinergi dengan Ombudsman diyakini menjadi pendorong perbaikan berkelanjutan, mulai dari pendampingan, evaluasi, hingga pembenahan sistem. Harapannya, setiap unit pelayanan mampu memperbaiki kekurangan, berinovasi, dan membangun budaya kerja yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf, menegaskan pihaknya akan terus mengawasi dan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di Tubaba.

Demi mewujudkan rasa tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi setiap Pegawai yang tidak berkomitmen harus di berikan sanksi,untuk pegawai yang disiplin di berikan sebuah perhargaan sehingga menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan secara profesional dan bertanggung jawab.

“Pelayanan publik bukan sekadar memenuhi prosedur, tapi juga menghadirkan kenyamanan, kepastian, dan rasa keadilan bagi masyarakat. Jangan ada pegawai malas, jarang masuk, tapi tetap menerima tunjangan kinerja yang sama seperti pegawai rajin. Disiplin adalah kunci, dan yang berprestasi layak mendapat penghargaan,” tegasnya.

Kabag Organisasi Pemkab Tubaba, Restu, menegaskan komitmen pihaknya dalam memperbaiki kualitas pelayanan publik.

“Kami akan memastikan setiap OPD mematuhi standar pelayanan yang berlaku. Pendampingan dari Ombudsman akan menjadi momentum penting bagi kami untuk memperkuat integritas, inovasi, dan keterbukaan informasi,” ujarnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan komitmen bersama antara Pemkab Tubaba dan Ombudsman Lampung untuk membangun pelayanan publik yang tidak hanya patuh aturan, tetapi juga memberi manfaat nyata dan memuaskan bagi masyarakat.

Acara turut dihadiri Wakil Bupati, jajaran kepala OPD, dan instansi terkait.(Sh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *