Bupati Agus Istiqlal Hadiri Rapat Paripurna DPRD Pesisir Barat Dengan Agenda Pandangan Umum Fraksi

DAERAH HOME Pesisir Barat TERBARU

Lampung Barat, (MDSNews) – Bupati Pesisir Barat DR. Drs. Agus Istiqlal, SH., MH, menghadiri Rapat Paripurna Pandangan Umum fraksi-fraksi terhadap nota penjelasan ranperda usul kepala daerah dan tanggapan pemerintah atas ranperda inisiatif DPRD kabupaten pesisir barat tahun 2021, gedung DPRD kab. Pesisir Barat, Selasa (9/2/2021).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan pendapat terhadap 2 (dua) ranperda inisiatif DPRD kabupaten Pesisir Barat tahun 2021 yaitu yang pertama ranperda tentang pengelolaan sampah, kedua ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan.

Bupati juga mengatakan, sampah menjadi masalah klasik bagi wilayah permukiman padat penduduk. Untuk itu, dia menyadari masih lemahnya pemahaman masyarakat terkait arti pentingnya pengelolaan sampah yang benar,” ujarnya.

Namun, permasalahan itu juga yang masih menghantui Pesisir Barat hingga kini, namun, dengan upaya preventif perlu segera diatur terkait pengelolaan sampah secara detail, sehingga sampah dapat lebih mudah ditangani dan dikelola unsur terkait,” kata Bupati.

Bupati juga berharap, setelah disahkannya ranperda tentang pengelolaan sampah, aturan tersebut bisa berjalan efektif untuk menyadarkan masyarakat agar dapat menjaga lingkungan sekitarnya.

Lanjutnya, terkait pelayanan kesehatan sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan baik perorangan maupun kelompok masyarakat secara keseluruhan. Sebab, permasalahan utama penyelenggaraan kesehatan saat ini adalah masih tingginya disparitas status kesehatan antara tingkat sosial ekonomi perkotaan dengan perdesaan.

“Penyelenggaraan kesehatan di kabupaten pesisir barat pada dasarnya sudah kita laksanakan, namun dalam rangka efektifitas peran pemerintah dan peran masyarakat, dirasa perlu adanya payung hukum atau acuan terhadap penyelenggaraan kesehatan dengan diatur dalam perda tentang penyelenggaraan kesehatan,” jelasnya.(Frans/Kodri)