Dugaan Permainan Devloper dan Bank Cairkan SBUM Nasabah Rumah Subsidi

Bandar Lampung HOME HUKUM & KRIMINAL LAMPUNG

Bandar Lampung (MDSnews) – Devloper , bank penyalur kredit dan marketing perumahan subsidi di Bandar Lampung Diduga melakukan persekongkolan Dalam menggelapkan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) nasabah yang mengambil perumahan .

Dugaan tersebut terkuak karena adanya nasabah yang mengaku menerima sejumlah uang direkeningnya namun tidak dapat dicairkan , dan kemudian uang tersebut raib dari rekening miliknya .

Berdasarkan Informasi dan penelusuran TIM redaksi Medinas Lampung dilapangan, banyak nasabah beberapa komplek perumahan yang mengaku tidak pernah tau menahu mengenai SBUM .

Salah salah nasabah di kelurahan sukabumi misalnya ,menyebutkan bahwa pihaknya tidak pernah tau mengenai SBUM , dirinya mengetahui setelah adanya Laporan pada rekening koran miliknya .

” Devloper ,Sales ngga pernah kasi tau , tau-tau pas udah agak lama orang bank nlp ,katanya kalo ada dana Empat juta masuk jangan ditarik, terus dananya nggak ada lagi ,sempet bingung ko bisa gitu , ” katanya belum lama ini .

Hal sama juga di alami oleh nasabah yang mengambil KPR di kelurahan Sukadana Ham , pihaknya mengatakan sempat berbantahan dan debat dengan pihak bank dan sales terkait dana Empat juta tersebut .

” ya waktu itu ada uang masuk Empat juta ke rekening, tapi pas saya tanya sama pihak bank udah dikasi ke sales ,alasannya karena saya belum lunas DP . Lah gimana belum lunas orang rumah nya aja udah saya tempatin . Jadi ya saya nggak tau itu duit apa ,” tambahnya .

Untuk diketahui berdasarkan keterangan pada halaman resmi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) melalui halam website pembiayaa.go.id menyatakan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) adalah Subsidi pemerintah yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka pemenuhan sebagian/ seluruh uang muka perolehan rumah .

Dan proses pemerolehan SBUM yakni melalui pengajuan nasabah , namun bila nasabah atau pengambilan kredit KPR tidak pernah mengetahui adanya SBUM , lantas siapa kan yang melalukan pendaftaran dan mendapatkan keuntungan ?(red).

52 thoughts on “Dugaan Permainan Devloper dan Bank Cairkan SBUM Nasabah Rumah Subsidi

  1. Disini saya mau bertanya.
    Saya baru cek saldo BTN hari ini, ternyata di tgl 25 Juli kemarin ada uang masuk 1 jt.
    Saya mau tanya itu termasuk uang subsidi bantuan DP dari pemerintah atau bukan ya?
    Tapi nilainya saya 1 juta bukan 4 juta.
    Tolong infonya ?

    1. Anak saya pun sama dapat bantuan subsidi 4 juta sudah sekian bulan masuk rekening tetapi dipindahkan ke rek perumnas sebagai developer katanya perlu di ketahui oleh developer nanti akan dikembalikan ke konsumen tetapi sampai hari ini belum cair juga ..pihak bank g bisa mencairkan jika tidak ada persetujuan developer kami bolak balik bank seperti di pingpong ..g jelas pertanyaan kami butuh berapa lama untuk dapat mencairkan 4 juta itu

  2. Ya saya juga ngalamin ko bisa kaya gitu ya
    Saya gak ngerti
    Kenapa harus masuk rek
    Tapi hilang LG
    Kalo itu bantuan harus nya bener bener buat nasabah donk

  3. Saya juga sama SBUM saya belom cair, saya ngambil rumah di setu,atas nama suami saya,pernah masuk rekening 4 juta tapi dalam satu detik langsung hilang,nanya sama pihak devloper suruh tanya pihak bank,nanya pihak bank suruh tanya pihak devloper,mana yang bener udah hampir hampi 15 bulan,belum cair, yang beda bank,dengan saya bank bjb sudah pada cair uang SBUM nya.

  4. Saya jga mengambil subsidi perumahan. Di daerah Cikarang sudah jalan hampir 1 tahun. Kata marketing saya. Saya dapet sbum .tapi sampe sekarang saya belom menerima nya. .. padahal saya sudah di beritahukan sama marketing .bahwa saya dapet. ..saya tanya ke developer katanya harus ada SMS dari bank BTN. Saya tanya balik SMS apaan . developer bilng. Nanti ada SMS .saya jadi bingung. ????

    1. langsung ke bank aja pak, cetak rekening tabungan, liat di mutasi, kalo sudah masuk minta ke pihak bank untuk di debet

      1. ketika cetak buku tabungan dan ada dana masuk 4 juta, pihak bank harusnya mau untuk melakukan proses debet ke rekening kita lagi min ?

      2. pak kan pemilik unit rmh mndapatkan hak subsidi 4jt tp pihak devloper meminta mau meminjam atm dan rekening saya dan saya tidak mngijinkan memberikannya kepda dvloper tp dy memaksa jika ada uang masuk 4juta d rekening angsuran saya d suruh tf k alamt pt tersebut saya juga menolak apakah itu tindakan penipuan kecurangan developer

        1. Untuk proses pencairannya bagimana mba? Saya kemarin masuk 4 jt tapi langsung kedebet lagi. Saya tanya msrketingnya cuma diread aja gk dibales

    2. sebenarnya pembelian rumah flpp atau rumah subsidi itu nasabah dikenakan biaya realisasi akad kredit kurang lebih 11 juta dan dp rumah dari harga 130 juta sebesar 5 % (6,5 juta), jadi nasabah harus mengeluarkan dana berkisar 17,5 juta. kebanyakan nasabah kurang mampu untuk biaya itu, jadi developer berinisiatif membuat dp rumah flpp semurah mungkin atau rata2 dp 1 juta atau 2 juta, untuk menutupi biaya yang sudah dikeluarkan developer maka pada saat pencairan sbum ya diambil kembali sama pihak developer. dana sbum itu keluar setelah nasabah sudah melakukan realisasi akad kredit. setau saya begitu bukan dana sbum itu digelapkan. nah bagi nasabah yang dp 5% dari harga rumah subsidi dan membayar biaya realisasi akad kredit sebesar 11 juta, maka dana sbum menjadi hak dari debitur atau nasabah.

      1. Mba minta dijelaskan dong maksudnya realisasi akad kredit tuh apa?
        Ini pengalaman sy skrng. Sy ngambil kpr, sudah masuk uang ke developer 10jt termasuk boking fee. Biaya ke bank saat akad beda lg sekitar 2,3jt an. Barusan sy dapat notifikasi melalui sms banking bahwa sy dapat 4jt tp langsung didebet otomatis. Itu uang 4jt harusnya untuk siapa dong?

    3. Nanti ada notifikasi melalui sms bahwa kita dapan uang 4jt. Tp sedetik kemudian langsung didebet. Wkwkwk pagi ini sy baru dapat bgt notif itu, nanti mau diurusin ke developer. Harus kuat mental katanya, siap2 brantem. Haha

  5. Mau tanya, apa benar SBUM bulan Januari sampai Maret 2020 tidak berlaku?? Saya coba tanya kepihak bank katanya yg dapat SBUM dimulai dari yg akadnya bulan April 2020 ..
    Mohon pencerahannya, ditunggu jawabannya . Terima kasih ..

  6. Saya juga sama ada uang masuk ke rekening sebesar 4 juta lalu pada waktu yang sama selang beberapa detik langsung di debet gak tau masuknya kemana konfirmasi ke developer juga gak ada uang masuk ke rekening PT..solusinya bagaimana ya?

  7. Saya juga seperti itu. Dapat dana 4 jt dr btpn. Eh tiba2 msuk lagi sms debit. 4 jutanya raib. Saya tanya ke developer,, katanya danannya dikembalikan lagi ke developer,, untuk uang air dan listrik.. apakah benar demikian? Saya juga bingung. Kalau memang ada kecurangan, kemana harus melapor?

  8. Saya juga di awal akad sudah di info dari depfloper akan ada uang masuk yg di tf dari BTN tapi jangan di ambil ,benar memang masuk esok harinya uang tersebut auto debit .kemarin tgl 4 /11/2020 masuk lagi 4 juta namun keterangn lngsung auto debit lagi ,hilang di jam dan detik yg sama ,gak ngerti uang apa itu ya.bingungnya kok bisa ya mendebit secara auto tanpa ada keterangan apa apa pada nasabahnya.agak membingungkan

  9. Buku rekening btn tabungan saya dpt sbum sbsar 4 jt wktu bln agustus tapi dlm bbrpa detik saldonya berkurang & ada pemberitahuan debet sebesar 4jt pdhl sy tdk menarik sepersen pun uang itu
    Smpai akhir ini pun sy msh brtnya” kmna larinya itu uang apa d ambil sama devloper atau gmna
    Mohon bantuanya .?

  10. Mau tanya Min yang baik hati dan tidak sombong..
    Kapan biasanya kah dana SBUM itu cair dari akad kredit?
    Apakah dana SBUM dapat terdeteksi masuk via aplikasi mobile banking Bank BTN?
    Terima kasih

  11. mf sya jga mau tau informasi yg bnr2 akurat.apakah setiap kpr subsidi.mendapatkan sbum? sya akad di bulan februari.tp smpai saat ini sbum nya blm cair2.sedangkan tmn sya yang akadnya bln september sudah cair sbumnya.mohon penjelasanya.

  12. Klo saya tgl 13 November 2020 ada SMS banking dari BTN ada dana 4 JT masuk tp tdk lma kemudian ada SMS masuk uang yg 4jt itu di debet lagi,entah siapa yg debet sya jg tdk tahu. Ternyata kejadian seperti ini jg dialami tetangga saya jg .

  13. Klo saya tgl 13 November 2020 ada SMS banking dari BTN ada dana 4 JT masuk tp tdk lma kemudian ada SMS masuk uang yg 4jt itu di debet lagi,entah siapa yg debet sya jg tdk tahu. Ternyata kejadian seperti ini jg dialami tetangga saya jg . Dan ketika di tanyakan ke developer katany uang itu untuk developer nya.

  14. Kmren bngun tidur iseng2 cek Mbanking eh ad dana masuk kget dah dr mn pas d lihat riwyat transfer dr RPL 019 DJJP bantuan dana SBUM, saya tanya lah dengan pihak bank ternyata itu punya develover.. huhu.. kirain punya kita.. ya udah deh ikhlasin aja.. rezeki nanti ad yg lain

    1. Klo sewaktu awal pembelian rumah uang muka sudah anda bayar lunas berarti SBUM itu milik anda.
      Saya tgl 4 November ada transferan 4jt detik itu juga langsung auto debet lagi, setau saya itu uangnya masuk ke rekening developer, saya tanya pihak marketing proses untuk cairin SBUM bagaimana, trus saya diminta cetak buku tabungan untuk bukti lapor ke kantor pusat developernya & SBUM saya bisa di proses pencairannya, saya di minta menunggu 3 sampai 6 bulan sampai uangnya di transfer ke rekening saya.

  15. http://pembiayaan.pu.go.id/faq/p/74-bagaimana-skema-penyaluran-sbum

    Pada kenyataannya proses SBUM masuk ke rekening kita dari sejak akad memakan waktu sampai 3 bulan, itu juga langsung auto debet ke rekening developer dan untuk proses pencairan dana SBUM dari developer memakan waktu 3 sampai 6 bulan sampai akhirnya bisa di transfer lagi ke rekening kita.
    Klo ada developer yang tidak mau memberikan SBUM yang memang jelas sudah pernah masuk rekening kita setau saya itu bisa dipidanakan.

      1. Mba cara pengajuannya gimana ya? Saya masuk 4 jt tapi kedebet lagi. Saya tanya marketing, marketingnya malah ngibul bilang pokok utang yg ditanggung berbeda dengan yg saat akad

        1. Coba datang ke bank BTN tempat anda akad kredit minta cetak buku tabungan, trus sekalian tanya2 ke petugas’y, klo misalkan developer / marketing ga mau nyerahin uang SBUM kita gimana jalan keluar’y, bilang ke petugas’y apa yg jadi alasan marketing ga mau nyerahin SBUM.
          Soal’y waktu mau akad kredit kan emang di jelasin sama petugas bank BTN klo kita itu ikut pengajuan SBUM, semoga dapat SBUM’y tapi jangan terlalu berharap kata petugas’y, maksud’y ga semua yg akad pasti dapat soal’y kan masih di tinjau ulang sama pemerintah siapa aja yg layak dapat SBUM, klo misalkan di rekening kita pernah ada masuk dana 4jt trus langsung autodebet lagi berarti kita emang dapat SBUM, cuma memang dalam proses’y itu uang harus masuk ke rekening developer dulu karna klo secara skema yg ada di link yg saya cantumkan itu SBUM adalah bantuan untuk melunasi kekurangan pembayaran uang muka, sedangkan kita kan sebelum akad uang muka wajib lunas, klo blom lunas ya ga bisa akad kata developer saya. Jadi klo dari awal uang muka udah lunas berarti developer / marketing ga ada alasan buat bilang klo SBUM itu hak mereka.

      2. Sabar aja, klo dari pihak developer menerima pengajuan insyaAllah cair, berarti developer’y jujur.
        Klo saya itung2 ternyata dari tgl dana SBUM pertama kali masuk ke rekening saya tapi trus langsung autodebet lagi sampe ke sekarang akhir’y di transfer balik sama developer ke rekening saya ya sekitar 3 bulanan proses’y.

      1. Emang itu buat kita ya yg masuk 4juta tuh…
        Aku bausan cetak buku trus bulan des ada masuk 4juta tp ga ke debet malah saldonya bertambh

  16. Tadi pagi juga saya dapat sms kredit 4 juta beberapa detik kemudian langsung auto debet lagi uangnya, huhu padahal udah seneng tapi gak jadi huhu

  17. harusnya klo kita sudah lunas semua biaya akad artinya itu adalah hak kita yakan.kemarin saya juga bgtu ada uang masuk 4 juta langsung auto debet di detik itu juga ketika ditanya sma developer katanya uangnya di kasih 50% karena sisanya untuk developer katanya untuk biaya urus urus… disini lah bantuan pemerintah jadi mubazir karena tidak tepat sasaran bukanya MBR yang dapat biaya dari pemerintah tetapi oknum yg tidak bertanggung jawab.. klo begini kita harus lapor kemana.. miris rasanya apalagi rumah yg di buat juga seperti asal asalan udah retak rtak bangunan juga miring mentang mentang kita rumah subsidi!!

  18. Tanggal 21 desember ada dana masuk 4 jt kemudian ditanggal yang sama ada dana keluar sebesar 4jt tapi bukan saya yang mengambilnya, saya tidak tahu menahu mengenai SBUM,

  19. Saya mengalami hal yg sama.. saya dapat sbum 4 juta. Berhubung belum cair, pihak developer meminta saya membayarkan dahulu, dan berjaji akan mengembalikan setelah sbum cair. Namun setelah sbum cair pihak developer bersikiras tidak mau mengembalikan karena katanya tidak dikasih ke developer. Padahal susah saya cek bener2 4 juta masuk dan langsung autodebet keluar. Apakah ini bisa dilaporkan ya karena asa indikasi penggelapan dana sbum dari developer

    1. Coba ke bank BTN untuk cetak buku tabungan mas, klo bisa ke bank BTN tempat mas akad kredit. Uang 4 juta itu autodebet masuk rekening developer. Sekalian minta solusi ke petugas’y soal developer yg ngaku’y ga nerima SBUM punya mas.
      Saya pertama masuk 4 jt ke rekening tgl 4 November trus langsung autodebet masuk rekening developer, semua sama proses’y begitu, alhamdulillah hari ini uang 4 jt itu sudah di transfer balik sama developer ke rekening saya.

  20. Min yang baik hati
    Mau tanya dong apa, saya ambil perumahan di daerah karawang sudah lunas untuk uang muka dan dp nya, tapi ketika mau akad bulan januari 2021 ini katanya ga dapat dana SBUM, jadi saya harus bayar lagi 2 juta, dari awal ga ada penjelasan tentang SBUM dari pihak marketingnya, padahal sudah dari awal tahun 2020 saya ajukan ambil rumah itu tapi karna ada masalah intern dari developer dan bank mengenai sertifikat rumahnya jadi baru di acc tahun ini. Apa benar itu min kita harus bayar lagi untuk SBUM nya?

  21. Sdkt pencerahan bpk2/ibu2 yg pnya pengalaman ambil rmh subsidi. Benar nilai sbum sebesar 4jt.
    Knp sbum tdk bisa diambil? Ini biasanya krn total DP yg bp/ibu bayar ke developer itu sdh dikurangi 4jt atau nilai sbum (mhn cek lg pricelist saat itu). Shg klopun cair itu sdh hak developer.
    Knp sbum cair di rek tp hilang lg? Betul, krn itu td, krn skema pricelist dari developer bahwa total DP sdh dikurangi nilai sbum. Shg bank akan langsng mmindahbukukan dr rek debitur ke rek developer
    Knp sbum hrs masuk ke rek debitur? Ga langsng aja ke rek developer? Yap, krn sbum adlh subsidi yg dikeluarkan kemenpupr, & ketentuannya hrs msk rek debitur dulu.
    Bp/ibu bisa komplen ke developer klo mmng total DP dulu itu blm dikurangi sbum. Nah klo ini sbumnya hak debitur.
    Cuma sepengetahuan sy, biasanya developer langsung mengurangi total DP di pricelist sebesar 4jt, mngkn juga ada diskon2 lainnya. Agar skema pricelist simple.
    Knp ada yg sbum tdk cair? Dan debitur hrs tambah DP? Nah ini, sbum yg tdk cair itu adlh kebijakan dari kemenpupr, biasanya terjadi di bulan Desember, dgn alasan tutup buku. Shg klo konsumen memaksa utk akad di bln Des/Jan, bank akan info ke developer bahwa “bisa saja akad tp tdk dpt sbum” begitu.
    Shg, yg tdnya total DP di pricelist itu sdh dikurangi 4jt, ini jd tdk ada pengurangan. Shg developer akan menagih sebesar 4jt atau selisih DP nya tsb ke konsumen.
    Klo gitu percuma donk dibilang rmh subsidi klo mmng tdk dpt sbum? Tidak juga bp/ibu, krn ada 3 unsur yg disubsidi selain sbum, yaitu bp/ibu dibebaskan dari PPN 10% alias beli rmh tanpa PPN, dan satu lagi suku bunga rmh subsidi rata-rata hanya 5% dan fix/flat lho, bandingkan klo beli rmh komersil, pasti kena PPN 10% dari harga rmh, dan suku bunga di rata-rata 12-13% wowwww
    Demikian bp/ibu, semoga info ini bermanfaat, terutama utk anak2/kerabat bp/ibu, yg akan ambil rmh subsidi. Krn kesempatan pnya rmh subsidi hanya 1x

    1. Halo Panca, yang saya tau Ppn itu dibebaskan oleh pemerintah semua yg kamu sebutkan itu diluar sbum kecuali saat akad diinfokan biaya akad, notaris itu dipotong dari sbum. Ini harusnya pemerintah bikin layanan pengaduan biar pengembang yang nakal diberangus saja. Sudah rumah alakadar subsidi uang muka juga diembat kurang rakus apa coba

  22. Dana bantuan 4jt itu bisa dicairkan, harus di sertai rekening koran yg ada masuk 4jt nya itu di sertai fotocopy ktp, langsung datangi pihak perumahan, stelah itu nunggu bbrpa hari bisa cair .. kalo susah cairnya kita yang harus tegas menurutku .

  23. saya juga sama dapat bantuan dana sbum. cuma pencairan nya bersyarat…
    jadi syarat nya harus 50% utk yg pmilik rumah kpr dan 50% utk deploper nya.
    apakah itu benar system pencairan nya sperti itu….???
    mhon solusi nya….??
    jika memang itu hak antara konsumen dan pihak perumahan sbnar nya saya tdak jadi masalah…

  24. Saya mengambil perum subsidi n dp sudah lunas..akad bulan februari 2020..tpi menurut pihak bank tidak dapat pengembalian uang dp..
    Untuk yg akad januari-juni 2020..tetapi ada tetangga sma2 akad bulan feb sudah dapat uang 4 juta..

  25. Saya mau bertanya pak..
    Saya juga mendapatkan bantuan 4juta saya print juga buku dapet bantuan tapi langsung di tarik gak tau kok bisa hilang.dapetnya SMS bulan 11 2020.apakah bagaiman caranya biar uang itu cair pak.

  26. Apakah bantuan subsidi SBUM itu di cairkan per minggu 3 org, atau sebalikNy bagaimana, krna saya udh menunggu lama blm jga cair tp yg lain udh ad yg cair, saya jga butuh uang itu, tlong di jwab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *