Enam Alasan Suami Tak Boleh Bentak Istri

DAERAH LAMPUNG NASIONAL OPINI

 

Lampung ( MDSnews)—-

Oleh :  Elis Setia Wati, SE.

lslam merupakan agama yang sangat memuliakan istri seperti yang sudah dilakukan Rasulullah SAW pada para istri-Nya. Oleh karena itu, agama Islam sangat tidak menyukai sikap suami yang membentak istrinya. Hal yang perlu diketahui para suami jika mungkin jasa jasa yang sudah dilakukan istri memangtidak bisa dinilai dengan materi. Akan tetapi, beban istri seperti mengandung, melahirkan, menyusui, membesarkan anak sekaligus mengurus suami dan semua pekerjaan rumah tangga sebenarnya tidak dapat tergantikan oleh apapun juga.

Perasaan wanita yang sangat lembut dan penuh kasih sayang tentunya akan merasa sakit hati dan patah hati dengan bentakan yang diberikan oleh suami. Untuk itu, setiap suami harusnya berpikir ulang untuk berbicara dengan keras pada istri.

  • Jaga Perasaan istri

Hal yang mungkin terjadi apabila suami sering membentak dirinya hanyalah hati yang merasa terluka tidak hanya di hati namun juga bisa menyebar ke seluruh tubuhnya sehingga semakin lama akan membuat sangat istri merubah sikapnya menjadi benci, penuh dendam dan hilang perasaan cinta yang dulunya tulus, kini terganti dengan perasaan benci pada suaminya. Hal tersebut tentunya sudah sangat berlawanan dengan apa yang sudah disampaikan Rasulullah SAW, “Sebaik-baik kalian, (adalah) yang paling baik untuk istrinya dan aku adalah orang yang paling baik diantara kalian pada istriku.” [HR. Tirmidzi].

  • Perenungan Untuk Suami

Semua laki laki yang sudah menjadi seorang suami harusnya melakukan perenungan dan berpikir ulang mengenai semua hal yang sudah dilakukan oleh istri dan juga memikirkan hukum dalam islam, apakah bisa tergantikan dengan materi, bentakan dan berbagai kata yang menyakiti hati. Sebagai seorang suami yang bijaksana, maka sudah seharusnya memeluk istri dan menyayanginya sekaligus selalu bertutur kata yang lembut sehingga bisa menyejukan hati istri.

Jangan pernah anda sebagai suami untuk membentak istri apalagi hal tersebut dilakukan berkali kali sebab kepedihan tersebut akan terlihat di mata istri dan menghancurkan hatinya.

  • Bertentangan Dengan Pesan Rasulullah SAW

Kita sebagai umat Rasulullah SAW seharusnya selalu bisa meneladani Rasulullah dalam bersikap khususnya dalam hal memperlakukan istri, sebab jika tidak, maka anda sebagai laki laki tidak bisa dibilang sebagai umat Rasulullah SAW.

Simak Enam Alasan Mengapa Suami Tidak Boleh Membentak dan Kasar Pada Istri, Berikut ini:

1. Membentak istri bertentangan dengan pesan Rasulullah

Sebagai umat Rasulullah, tidakkah Anda tergerak untuk meneladani Beliau dalam memperlakukan istrinya? Jika ya, simak langsung nasihat Rasulullah dalam hadis, yang artinya: “Sebaik-baik kalian, (adalah) yang terbaik bagi istrinya dan aku adalah orang yang terbaik di antara kalian terhadap istriku. (HR. Tirmidzi)

2. Jasa-jasa istri tak terukur materi

Meski sering dianggap sepele, tapi istri memiliki sumbangsih yang besar untuk kelangsungan kehidupan rumah tangga, seluruh pengorbanan tersebut tidak akan pernah bisa dinilai dengan materi. Misalnya: mengandung, melahirkan, menyusui dan merawat buah hati Anda. Selain itu, istri masih mampu mengurus rumah, menyiapkan kebutuhan Anda serta memastikan rumah selalu nyaman dihuni keluarga. Dengan pengorbanan istri Anda yang segunung tersebut, masihkah tega Anda membayarnya dengan bentakan, sikap kasar serta perilaku menyakitkan lainnya? Jika tak mampu membalasnya, setidaknya perlakukan istri dengan penuh kasih sayang dan kelembutan, serta muliakanlah dia.

3. Doa istri kepada suami sangat mustajabah

Salah satu doa yang mustajabah adalah doa istri untuk suaminya. Bagaimana istri bisa mendoakan kebaikan Anda kalau setiap hari Anda sakiti hati dan perasaannya. Tahukah Anda jika doa istri sangat bermanfaat untuk mempercepat kesuksesan, kebahagiaan dan rezeki yang berlimpah bagi suami?

4. Wanita tercipta dari tulang rusukmu yang bengkok

Wanita tercipta dari tulang rusuk yang bengkok, dekat dengan hati, jadi untuk dicintai. Bentakan dan perilaku kasarmu bisa menjadi penyebab perceraian.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.” (HR. Muslim)

5. Bentakan dan sikap keras suami membuat wanita semakin lemah

Wanita itu makhluk yang kuat, dia bisa melakukan apa saja serta menahan derita apapun demi mendukung suami dan keluarganya. Tapi manakala dibentak sama suami, rontoklah kekuatannya selama ini. Bentakan suami tidak hanya membuat hati dan perasaannya terluka, tapi juga meremukredamkan seluruh jiwa dan raganya. Maka tak heran jika wanita akan jadi mudah lemah dan sakit, bahkan berakibat depresi karena hampir seluruh kekuatan tubuhnya hilang akibat bentakan suami.

6. Menyakiti istri sama artinya menyakiti anak-anakmu

Membentak istri membuatnya sedih dan sakit hati atau bahkan terluka, apakah Anda yakin jika hal ini tidak berdampak pada anak-anak. Dalam rasa sakit hatinya, pasti istri tidak bisa maksimal dalam merawat dan mendampingi anak-anaknya. Sudah banyak bukti nyata bahwa sakit hatinya ibu akibat perlakuan suaminya bisa jadi berdampak buruk pada anak-anaknya. Maka itu, bisa disimpulkan jika menyakiti istri sama artinya dengan suami menyakiti anak-anak.

Dari beberapa alasan di atas, pastinya suami bisa berpikir lebih bijak untuk tidak berlaku buruk pada istri. Cintai dan perlakukan istri dengan lembut, karena ini merupakan satu akhlak Rasulullah yang selayaknya kita teladani (**)

51 thoughts on “Enam Alasan Suami Tak Boleh Bentak Istri

  1. Saya istri yang ter aniaya sering di pukul dan di bentak dengan keras di dalam maupun di luar rumah, saya tdk ridho apa yg serinh suami saya lakukan. Sy kecewa dan sakit hati. Apa yang saya lakukan dan ganjaran apa yang di terima suami yang akan di balaskan oleh Allah…

    1. Saya juga sama seperti apa yg dialamin kamu mba… tp saya ikhlas terhadap semua perlakuan suami saya.. Allah maha mengetahui segalanya mba..

      semoga kelak akan selalu ada kebahagiaan bwt kita para istri yaa mba 🙂

      1. Saya juga sma bahkan lebih ,setiap hari caci maki dan saya sllau dislh kan diprlkaukn dengn buruh dibuat nangis terus tiap hrii,allah dijahatkn depan saudaranya,merasa dia paling bnr tak prnh mau dialah kn slalu nya lh kn aku. Mojok kan aku,hidup ku dipenuhi serbah slah ,aku pingin dicintai di syngi bukn diperlakukan sebaliknya nya hdup aku lebih menyakitkan kan tiada hari aku tak keluar air mate

    2. Sya brusaha lakuin yg trbaik namun selalu slah.. Ngomong kasar trs bentak,chtinganng ga ada yg bagus. Tp sya sllau memaafkan. Wlpun hati saya amat snagt trluka. Sperti ingin menjerit

    1. sama mba Saya juga Gitu sayang yah cuman sesaat doang ,suami saya juga sering Menyakiti Hati saya Dengan Omongan ya yang kasar setiap hari ya tapi Aku tetap Sabar dan Ikhlas 🥺☺️

  2. Saya mau tanya, jika suami sering bilang kepada istri lama lama saya tinggalin .
    Apakah itu sudah termasuk talak?
    Mohon penjelasannya

    1. Bisa jadi dy sudah bosan sama qt. Low ngomong lm2 ditinggalin. Mw diapa low suatu hari dy beneran ninggalin? Jgn sedih nanti dikasi Allah pngganti yg lebih baik, imbalan istri yg dizolimi. Dy akan menyesal yg sdh meninggalkn anda dan anda sdh hidup bahagia. Ehmm.. Kyk FTV

  3. maaf mau tanya. jika suami sering memarahi istri. tp tidak pernah memarahi anak. pdhal anak nya nakal. tiap hari kerjaannya main trus. anak yang cwe pun udah rokok. tiap hari pulang jam 11 malam. sdgkan ke istri salah sedikit di bentak. maaf anak itu bukan anak kandung sayam tp anak suami saya. gmna hukumnya pak ust. terimakasih

  4. Suami saya suka bentak bentak saya,di dpn org2 jg suka bentak saya,kalau dia lagi punya uang dia lebih perduli kepada kluarganya kluarga.sering minta ini itu..tapi kalau ku minta.. Blgnya duit mlu.. Padahal ku minta buat hari2. Kalau dia sedang kesal ku yg dibentak.. Diblg ku yg suka nyusahkan suami..

    1. Sama mbk, saya selama menikah tdk pernah mendapat perlakuan baik dari suami saya apa krna saya belum kasih keturunan?? kdang suami sya memukul saya hanya krna saya ingatkan untuk sholat atau puasa pas bulan Ramadhan smpai badan saya lebab semua. Masalah keuangan dia tdk pernah trbuka dengan saya giliran orang tua dia minta uang selalu dikasih..giliran orang tua saya pinjam bukan minta dia selalu bilang tidak ada.Kyk selama ini dia menikahi saya hnya untuk jdkan pembantu dan lampiasan nafsu dia. Kdang ingin Q tinggalkan dia tp Q mkir perasaan keluarga Q. Ya semoga Allah kasih petunjuk untuk semua ini

  5. Saya sering sekali dibentak suami. Jika dia byk rejeki dia lebih perduli kepada keluarga nya. Ketimbang saya. Tapi kalau sdg susah saya dech di blg yg sering nyusahkan dia.

    1. Suamiku sering ngomong kasar, mabuk kelayapn low ditegur marah main pukul. Udh gt pelit, yg pting q g mati kelapran aja sdh cukup bagix. Low ada obat ngilangin rasa cinta q mw minum. Stlh 7 thn pernikhn, rasa cinta itu mulai memudar, mungkin krn sy kerja bisa ngebahagiain diri trs blnja utk anak2. Sy g marah low dy kelyapan pulg jm 4 subuh, sedikit cuek, bahkn sy brharap dy prgi meningglkn sy. Bisa diblg q jd tulang punggung klg, tp q iklas bwt anak2, byk yg kuberikan byk juga Allah kasi rezeki. Kini usia prnikhnku sdh 17th, dan kudgr suamiku selingkuh, q temukn chat romntisx dhn wanita yg berbeda, kudgr dy sering mnggoda wanita2 ditempat krjx, ada suami org yg marah mngadu pd saudaraku kalau suamiku selingkuh dgn istrix, dan terakhir baru terkuak ada wanita yg dihamili suamiku mengadu pd tmnku tp kjadianx 5 thn yg lalu. Alhmdulilah q g sakit hati. Krn kurang rasa jd g terlalu sakit. Cm pasti kecewa, merasa ini tdk adil, q g pntas diginiin. Sdh sering q minta cerai, suamiku mlh ngamuk ngancam bunuh q trs dy bunuh diri, dy jg mw bakar rumah. Q gda kekuatn utk brcerai, mikiri nasib anak2. Terlihat dr luar q tegar, tp hatiku hampa, g mw curhat sm ortu atau siapapun, q gmw org tahu q g bahagia, cm curhat Allah dan menulis disini. YaAllah salahkh q memohon engkau membantuku pisah dgn suamiku, pisH baik2 tnpa ada kekerasan. Namun q selalu mendoakn suamiku diberi kesahtan pnjang umur, krn dy Bapakx anak anakku

  6. Kmren saya dipukul sm suami sampe bibir berdarah dan lebam dimata , kini suami saya sudah tidak bekerja lg dan tidak memberi nafkah, dan lebih parahnya lg die membawa temannya tinggal drmh dan tidak krja.saya mohon apa yg harus saya lakukn, apakah harus bertahan atw memilih utk pergi

  7. Selama suami tidak main fisik dan masih ingin kita dampingin maka bersabar lah dan jalanin semuanya kaya air yang mengalir,selalu ingetin suami ke jalan yg lurus sambil kita juga memperbaiki diri untuk suami kita
    Semangat buat para istri yang mau trs memperbaiki diri dan bersabar menghadapi suami dan cobaan lainnya

  8. Tinggal dengan keluarga sendiri dengan suami tapi tidak ada orang yg bisa dipercaya untuk berkeluh kesah semua masalah dengan suami saya selalu mengalah saya lelah tapi Allah tidak suka perceraian itu pedoman saya knpa saya harus mengalah dengan suami tapi saya juga lelah hati saya lelah

  9. sy seorang istri ..suami sy sering menuduh dan sy mengelak apa yg ditudukan dan dia akan marah dan memukul..dia bilang apapun yg dikatakan suami walaupun itu benar atau salah seorang istri harus diam..jd tak salah bika suami memukul katax. Selama ini sdh 26 tahhun sy bermah tangga dan sbg istri nggak kuat rasax dituduh dan kita tak boleh menjawab jk dia menuduh…apakah sy salah seandaix suami menuduh sy bilang tidak benar tuduan suami itu…mohon penjelasanx..

  10. sy seorang istri ..suami sy sering menuduh dan sy mengelak apa yg ditudukan dan dia akan marah dan memukul..dia bilang apapun yg dikatakan suami walaupun itu benar atau salah seorang istri harus diam..jd tak salah bila suami memukul katax bila istri menjawab tuduhan suami. Selama ini sdh 26 tahhun sy bermah tangga dan sbg istri nggak kuat rasax dituduh dan kita tak boleh menjawab jk dia menuduh…apakah sy salah seandaix suami menuduh sy bilang tidak benar tuduan suami itu…mohon penjelasanx..sbb dia marah dan tak segan2 dia memukul..

  11. Sya seorang istri yg sedang hamil pertama x nya dan skaligus ibu dari ank suami sya ,akhir” ini memang terasa lelah dgn yg sya rasakan tpi suami sy tdk mengerti itu sya pun bekerja juga , suami sya sering berkata menyakiti hati saya bahkan prnh memukul . Dan juga mengusir jdi apa yg harus sya lakukan ? Bertahan menyakitkan , berpisah pun berat karna sya sedang hamil , sedikit pun sya tdk ingin berpisah tetapi suami sya selalu bilang sdh tdk ingin dgn saya.

  12. Mau tanya?apakah seorang suami pantas berkata “JADi ISTRI GAK GUNA” ya Allah hati sakit bgt dibilang gtu 😭setiap marah pasti bilang gitu..

  13. Sy tau, tdk ada seseorg yg sempurna baik istri maupun suami.
    Tp, knp krn sy bodoh suami sy memperlakukan sy se enaknya (suka membentak, suka membodohkan)
    Bukan nya sy diajari biar pinter/di ingat kan /di kasih tau yg bener, tp malah dibentak2 jk sy melakukan hal yg salah.
    Jujur sy sdh merasa depresi, setiap hr sllu ketakutan . Ingin rasa nya pergi. Hnya krn sy blm punya modal untuk usaha Dan mencukupi anak2 sy, jd sy bertahan.

  14. Lah yg comment knp malah banyak yg ghibah suaminya ya?
    Yah, namanya rumah tangga.. karna terbiasa, lama2 yg tersisa ya hanya komitmen. Rasa sayang ya adalah, pasti beda sama cinta2an jaman sebelum nikah atau awal2. Nikah banyak “kejutannya”.
    Yg belum dapet jodoh, ujiannya ya jodoh. Yg udah nikah yah ujiannya rumah tangga. Yg cerai ya ujiannya pun bertumpuk2 (misalkan single parent, mau nikah lagi tp ragu, dll). Ada juga yg ga sempet mikirin itu semua karna fokus dgn solusi ujian2nya, ga ada waktu bwt ngeluh. Macem2..

    Btw, yg ngaku ikhlas.. tolong ikhlasnya jangan ada kata “walau, tapi, meskipun, namun, dsb” ya.. karna itu namanya blm ikhlas

    1. iyaa nih kan gak boleh ya ghibah itu dosa tau, Mimin aja enggak pernah ghibah masa kalian ghibah sih

    2. G mksud gibahi suami, cm curhat, kurangi beban lewat tulisan, lagian disini byk g saling mengenal. Alhmduliah anda beruntung yg suamix tipe idaman.

  15. Suami saya sering berkata kasar bahkan mengatakan goblok atau nggak punya otak. Awal2 masih biasa, tapi makin kesini sakit hati saya semakin dalam. Semoga Allah SWT tetap memberikan kesabaran bagi kita. InsyaAllah surga penggantinya. Amin

  16. Meskipun diperlakukan tidak baik maupun dibentak maupun tidak dikasih nafkah karena lebih mementingkan saudara landungnya, aku tetap mendoakan yg terbaik buat suami. Hanya Tuhan yg berhak membalas semua perbuatannya.

    1. Berempatilah sebagai sesama wanita jgn menghakimi sesama wanita yg punya suami kasar krn kesalhnx seperti yg anda bilang ” g perawan”. Itu adalh ujian dari Allah, yg bersabar dpt pahala, byk berdoa mkin dekat qt sm Allah. Kebanyakn manusia lupa pd Allah krn hidupx bahagia, slh satux punya suami tipe idaman, p. Sdhkan anda yg punya suami idaman sujud syukur pd Allah? Allah bisa membolak balikan nasib dan hati manusia. Bisa jd suami idamanmu berubah jadi ganas, kata kiasan ” suami itu bisa jd musuh sebantal” bertobatlah pd Allah biar nasib itu tdk menimpamu. Karma g nunggu diakhirat, di dunia sdh dpt gnjaran.

  17. April03,2021 pukul 17:56pm
    Suami saya suka ngatain istri dngan kata kata kasar bicara keras dengan nada yg tinggi padahal posisi saya lagi hamil anak ke dua sering sekali saya keluarin air mata padahal saya lagi hamil muda dan perhatian suami saya kurang ke anak yg d kandungan saya. Saya bertahan buat anak karna anak sayaa masih kecil.

  18. Ternyata banyak bunda” yg tersakiti dlm rumah tangga ya, sy jg seorg istri, suami sy setiap hari selaluuu marah, walaupun hny krna hal spele, suka ngmg kasar sm sy, sy dikatain dgn bhsa” kasar, dikatain binatang” jelek, g prnh ngjak ngobrol santai ngjak bcanda anak, yg ada klo ngmg sm sy cuma nyuruh” sm marah” aja, apakah kebangetan klu sy tdk tahan dan ingin pergi 😭

  19. Saya sering dbentak,dituduh malah dibanding-bandingkan dengan istrinya yang lain.Kalo dipukul gk pernah.Cuma ucapannya Sgt menyakitkan.Padahal hidup Saya tidak memberatkan suami.Saya mempunyai gaji sendiri.Saya sering nangis kalo sudah dibentak.kadang Saya berpikir,masalah kecil diada-ada.Padahal pekerjaan itu Saya lakukan dengan ikhlas walaupun sesakit apapun Saya pasti kerjakan tanpa mengeluh.Jadi,perasaan suami saya melihat Saya seperti melihat tai gitu.Tapi,setiap habis shalat Saya selalu berdo’a Semoga Allah memberikan taufik Dan Hidayah kepadanya.Aamiin Yaa Rabb.

  20. Saya seorang istri yg slalu disakiti suami dg perkataan dan perbuatannya.. suamiku sangat egois,dia srg marah2 bentak2 sya dan anaknya. Juga KDRT srg skali,tpi sya slalu memaafkan walau hti ini sbenarnya tdk trma dg perlakuanya tpi sya berusaha kuat demi anak2. Ingin skali brontak dan teriak sekenceng mungkin tpi sya hnya bisa diam mnrma nasib ini. Skrg apa yg hrus aku lakukan?sya jg tdk prnah mncritakan kpda siapapun krna sya msih mnjga aib rmhtangga dan suami. Mohon pencerahanya..

  21. Bertahan mba demi anak. Tujuan kt menikah salah satunya memiliki keturunan. Bny dluar sana yg bersusah payah agar memiliki keturunan. Kt bersyukur diberi keturunan, makanya sebagai wujud syukur kita dgn cara bersabar thd ujian. Smua demi anak, kcuali mbak pny bny uang n bisa menghidupi anak2, baru bisa tinggalin suami ky gt. Slama suami msh nafkahin, sabarin aja. Kelak anak2 dewasa nanti, mreka akan ingat pengorbanan ibunya n akan membalas smua jasa ibunya. Bny teman2ku yg usianya lbh tua n anaknya dah kerja smua, mreka jg pny suami yg kasar tp tetap bertahan. Skrg teman2ku sedang memetik buah kesabarannya dr anak2 yg ia besarkan

  22. Ya Allah begitu banyak nya para istri di dholimi. Semoga kesabaran kita , mengantarkan kita kepada kebahagiaan. Semoga para suami di bukakan hatinya. Karena sejujurnya saya sangat membenci suami saya. Atas perlakuan dia kesaya.

  23. Suami sy jg gt kl nyuruh istri gk pernah lemah lembut selalu dgn nada keras, kl qt omongin dgn jwban “bs gk kl nyurih gk bentak” malah marahin sy, mw ngusir sy,ngomongin kedudukan sy dibawah dia, hrusnya dia lebih paham tata cara berbicara dgn istri..semoga qt para istri diberikan kesabaran yg seluas samudra dan tabungan untuk qt kelak disyurga alloh..

  24. Jika niatnya ingin talaq berarti udh kena talaq mbak. Cba tnyakan kmbali lg sma suaminya apa yg dia ucapkan betul² berniat menalaq atau hanya krn emosi sesaat mkanya brucap sprti itu.

  25. Sedih liat komentar2nya, saya kalo ada masalah sepele banget juga suami suka bentak, jutek banget, keras, kasar bicaranya. Padahal saya sudah lembut, saya menerima kekurangan dia, saya gak pernah ungkit kekurangannya.. tpi dia memaksa saya untuk sempurna dimata dia. Padahl kita masing2 punya sifat dari bawaan lahir yg klo diubah agak susah atau lama. kalo ada perbedaan wajar gausah diberantemin selagi ngga berhubungan dengan syariat islam.

    Suami Perfeksionis, istri santuy.. emg gak sejalan disitu. Tp Allah kasih kita jodoh ada yg beda sifat atau kebiasaan karna itu Ujian yg Allah berikan.

    Semoga suami saya bisa lembut aamiin

  26. Suami ku sangat sayang kepadaku sangat cinta. Apa yg ku minta dia berikan dia rajin sholat baik dan sayang sama keluarganya. Keluarganya juga baik dan saya sangat akur dengan ipar2 saya. Dia tidak pelit dia tidak suka lihat saya nangis. Mungkin karena saya lagi hamil dia nggak kasih aku capek2 untuk kerja. Dia selalu kasih uang untuk aku.. aku sayang banget sama suamiku aku berdoa semoga dia panjang umur sehat selalu. I LOVE YOU suamiku.. ternyata aku istri yg beruntung karena sebelum nikah hampir 10 tahun aku doa agar dia jadi suamiku dan sayang sama aku dan akhirnya d kabulkan. Suami aku ini mantan aku dari smp. Cmn pas kita putus aku slalu doa agar berjodoh dan alhamdulillah kami sedang menunggu kelahiran anak kami.. doakan ya

  27. Sama mba… Suami sya juga… Tiap marah selalu menyalahkan saya. Untuk kesalahan sepele saja dia selalu membentak saya. Bahkan kalo lagi emosi dia selalu melempar barang barang saya kadang takut mba. Omongannya kasar padahal kata nya lulusan pondok pesantren. 5 tahun pernikahan saya. Mencoba bersabar karena sudah ada anak. Do’anya semoga dia bisa berubah.

  28. Saya ya sering banget di bentak n diteriakin, di maki2..
    Berumah tangga sudah 14 tahun, tapi hati saya selalu sakit..
    Kalo lagi marah sering dia ngomong gini, sana cari suami lagi.. atau ngancem gini, mau jadi janda kamu?
    Sy sebenernya udah ga kuat, tapi sampai detik ini bisa bertahan karna anak2 saya.. 😭

  29. Saya sebagai suami merasa terketuk batin dan jiwa…ingat akan semua kesalahan selama ini baik yg disadari ataupun tidak…semoga mndpt hidayah buat saya pribadi dan para suami…..aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *