Enam Alasan Suami Tak Boleh Bentak Istri

DAERAH LAMPUNG NASIONAL OPINI

 

Lampung ( MDSnews)—-

Oleh :  Elis Setia Wati, SE.

lslam merupakan agama yang sangat memuliakan istri seperti yang sudah dilakukan Rasulullah SAW pada para istri-Nya. Oleh karena itu, agama Islam sangat tidak menyukai sikap suami yang membentak istrinya. Hal yang perlu diketahui para suami jika mungkin jasa jasa yang sudah dilakukan istri memangtidak bisa dinilai dengan materi. Akan tetapi, beban istri seperti mengandung, melahirkan, menyusui, membesarkan anak sekaligus mengurus suami dan semua pekerjaan rumah tangga sebenarnya tidak dapat tergantikan oleh apapun juga.

Perasaan wanita yang sangat lembut dan penuh kasih sayang tentunya akan merasa sakit hati dan patah hati dengan bentakan yang diberikan oleh suami. Untuk itu, setiap suami harusnya berpikir ulang untuk berbicara dengan keras pada istri.

  • Jaga Perasaan istri

Hal yang mungkin terjadi apabila suami sering membentak dirinya hanyalah hati yang merasa terluka tidak hanya di hati namun juga bisa menyebar ke seluruh tubuhnya sehingga semakin lama akan membuat sangat istri merubah sikapnya menjadi benci, penuh dendam dan hilang perasaan cinta yang dulunya tulus, kini terganti dengan perasaan benci pada suaminya. Hal tersebut tentunya sudah sangat berlawanan dengan apa yang sudah disampaikan Rasulullah SAW, “Sebaik-baik kalian, (adalah) yang paling baik untuk istrinya dan aku adalah orang yang paling baik diantara kalian pada istriku.” [HR. Tirmidzi].

  • Perenungan Untuk Suami

Semua laki laki yang sudah menjadi seorang suami harusnya melakukan perenungan dan berpikir ulang mengenai semua hal yang sudah dilakukan oleh istri dan juga memikirkan hukum dalam islam, apakah bisa tergantikan dengan materi, bentakan dan berbagai kata yang menyakiti hati. Sebagai seorang suami yang bijaksana, maka sudah seharusnya memeluk istri dan menyayanginya sekaligus selalu bertutur kata yang lembut sehingga bisa menyejukan hati istri.

Jangan pernah anda sebagai suami untuk membentak istri apalagi hal tersebut dilakukan berkali kali sebab kepedihan tersebut akan terlihat di mata istri dan menghancurkan hatinya.

  • Bertentangan Dengan Pesan Rasulullah SAW

Kita sebagai umat Rasulullah SAW seharusnya selalu bisa meneladani Rasulullah dalam bersikap khususnya dalam hal memperlakukan istri, sebab jika tidak, maka anda sebagai laki laki tidak bisa dibilang sebagai umat Rasulullah SAW.

Simak Enam Alasan Mengapa Suami Tidak Boleh Membentak dan Kasar Pada Istri, Berikut ini:

1. Membentak istri bertentangan dengan pesan Rasulullah

Sebagai umat Rasulullah, tidakkah Anda tergerak untuk meneladani Beliau dalam memperlakukan istrinya? Jika ya, simak langsung nasihat Rasulullah dalam hadis, yang artinya: “Sebaik-baik kalian, (adalah) yang terbaik bagi istrinya dan aku adalah orang yang terbaik di antara kalian terhadap istriku. (HR. Tirmidzi)

2. Jasa-jasa istri tak terukur materi

Meski sering dianggap sepele, tapi istri memiliki sumbangsih yang besar untuk kelangsungan kehidupan rumah tangga, seluruh pengorbanan tersebut tidak akan pernah bisa dinilai dengan materi. Misalnya: mengandung, melahirkan, menyusui dan merawat buah hati Anda. Selain itu, istri masih mampu mengurus rumah, menyiapkan kebutuhan Anda serta memastikan rumah selalu nyaman dihuni keluarga. Dengan pengorbanan istri Anda yang segunung tersebut, masihkah tega Anda membayarnya dengan bentakan, sikap kasar serta perilaku menyakitkan lainnya? Jika tak mampu membalasnya, setidaknya perlakukan istri dengan penuh kasih sayang dan kelembutan, serta muliakanlah dia.

3. Doa istri kepada suami sangat mustajabah

Salah satu doa yang mustajabah adalah doa istri untuk suaminya. Bagaimana istri bisa mendoakan kebaikan Anda kalau setiap hari Anda sakiti hati dan perasaannya. Tahukah Anda jika doa istri sangat bermanfaat untuk mempercepat kesuksesan, kebahagiaan dan rezeki yang berlimpah bagi suami?

4. Wanita tercipta dari tulang rusukmu yang bengkok

Wanita tercipta dari tulang rusuk yang bengkok, dekat dengan hati, jadi untuk dicintai. Bentakan dan perilaku kasarmu bisa menjadi penyebab perceraian.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.” (HR. Muslim)

5. Bentakan dan sikap keras suami membuat wanita semakin lemah

Wanita itu makhluk yang kuat, dia bisa melakukan apa saja serta menahan derita apapun demi mendukung suami dan keluarganya. Tapi manakala dibentak sama suami, rontoklah kekuatannya selama ini. Bentakan suami tidak hanya membuat hati dan perasaannya terluka, tapi juga meremukredamkan seluruh jiwa dan raganya. Maka tak heran jika wanita akan jadi mudah lemah dan sakit, bahkan berakibat depresi karena hampir seluruh kekuatan tubuhnya hilang akibat bentakan suami.

6. Menyakiti istri sama artinya menyakiti anak-anakmu

Membentak istri membuatnya sedih dan sakit hati atau bahkan terluka, apakah Anda yakin jika hal ini tidak berdampak pada anak-anak. Dalam rasa sakit hatinya, pasti istri tidak bisa maksimal dalam merawat dan mendampingi anak-anaknya. Sudah banyak bukti nyata bahwa sakit hatinya ibu akibat perlakuan suaminya bisa jadi berdampak buruk pada anak-anaknya. Maka itu, bisa disimpulkan jika menyakiti istri sama artinya dengan suami menyakiti anak-anak.

Dari beberapa alasan di atas, pastinya suami bisa berpikir lebih bijak untuk tidak berlaku buruk pada istri. Cintai dan perlakukan istri dengan lembut, karena ini merupakan satu akhlak Rasulullah yang selayaknya kita teladani (**)

 23,910 total views,  337 views today

9 thoughts on “Enam Alasan Suami Tak Boleh Bentak Istri

  1. Saya istri yang ter aniaya sering di pukul dan di bentak dengan keras di dalam maupun di luar rumah, saya tdk ridho apa yg serinh suami saya lakukan. Sy kecewa dan sakit hati. Apa yang saya lakukan dan ganjaran apa yang di terima suami yang akan di balaskan oleh Allah…

  2. Saya mau tanya, jika suami sering bilang kepada istri lama lama saya tinggalin .
    Apakah itu sudah termasuk talak?
    Mohon penjelasannya

  3. maaf mau tanya. jika suami sering memarahi istri. tp tidak pernah memarahi anak. pdhal anak nya nakal. tiap hari kerjaannya main trus. anak yang cwe pun udah rokok. tiap hari pulang jam 11 malam. sdgkan ke istri salah sedikit di bentak. maaf anak itu bukan anak kandung sayam tp anak suami saya. gmna hukumnya pak ust. terimakasih

  4. Suami saya suka bentak bentak saya,di dpn org2 jg suka bentak saya,kalau dia lagi punya uang dia lebih perduli kepada kluarganya kluarga.sering minta ini itu..tapi kalau ku minta.. Blgnya duit mlu.. Padahal ku minta buat hari2. Kalau dia sedang kesal ku yg dibentak.. Diblg ku yg suka nyusahkan suami..

  5. Saya sering sekali dibentak suami. Jika dia byk rejeki dia lebih perduli kepada keluarga nya. Ketimbang saya. Tapi kalau sdg susah saya dech di blg yg sering nyusahkan dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *