Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

KAIN CELUGAM RESMI HAK MILIK LAMPUNG BARAT

95

LAMPUNG BARAT (MDSnews) – Sertifikat merek diberikan oleh kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia  kepada pemerintahan Kabupaten Lampung Barat dalam pematenan hak milih kain celugam. Senin(19/8).

Kain celugam salah kain has Lampung khususnya di Lampung Barat. kain ini sering diperkenalkan melalui pameran-pameran tertentu termasuk pada saat acara event lampung fair. Dimana anjungan lampung barat selalu menghadirkan kain celugam sebagai kebanggaan budaya.

Oleh karna Dinas Koprindak Kabupaten Lampung Barat mematenkan hak cipta kain celugan ini agar nantinya tidak diakui oleh daerah lain sebagai ciri khas daerah.

Adapun kain celugam yang telah diakui dan dipatentan adalah Cumcok, Apipon,  Puttut Manggus, Lalamban, Kekeris, Kelima jenis kain  tersebut sangat mudah  ditemukan di Lampung khususnya di Lampung Barat. Diketahui setiap motif dari kain celugam ini terdapat keunikannya masing-masing termasuk dari cara pembuatannya.

Melalui Dinas Koprindak Kabupaten Lampung Barat Kepala Bidang Ibu Sri Hartati mengatakan Bahwasanya puhaknya telah mengajukan pendaftaran sejak 2017 dan baru sekarang diberikan Sertifikat ini.”sangat senang sekali  hasil perjuangan kita sekarang tidak sia sia. Jadi saya dan rekan telah mendaftarkan diri ke kementerian hukum dan hak asasi manusia sejak 2017 dan baru 2019 ini, memang agak susah tapi ya alhamdullialah telah bisa kita patenkan bahwa kain celugan telah menjadi hak milik kita”.ucap Kabid Koprindak. (FRANS/EKI).

118 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar
Menunggu...