Profesional, Aktual, Ragam & Berimbang

Lahan Pertanian di Lambar Mendapatkan Alokasi Pembangunan Sumber Air Bersih Di 13 Titik

54

LAMPUNG BARAT (MDSnews) – Ada 13 titik lahan pertanian di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), yang mendapatkan alokasi pembangunan sumber air Tahun anggaran 2019, jenis pembangunan sumber air tersebut terdiri Embung, Dam Parit, dan Irigasi Pompa melalui program pengembangan sumber air dengan sumber dana DAK Kementerian Pertanian RI Tahun Anggaran 2019.

Hal tersebut disampaikan Kasi lahan dan irigasi pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar, Ferdi Nitiarga, Ia menyebut 13 titik pembangunan sumber air tersebut tersebar di 4 kecamatan yakni kecamatan Suoh, kebun tebu, Sukau, dan Bandar Negeri Suoh (BNS), Selasa (13/08)

“13 titik itu tersebar di 4 kecamatan dan  terbagi atas tiga jenis pembangunan yaitu Embung 6 titik, Dam Parit 4 titik, dan Irigasi Pompa 3 titik. Namun sejak tahun 2018 yang lalu pembangunan sumber air ini dikerjakan langsung oleh kelompok tani, jadi sudah tidak di pihak ketigakan, itu sesuai dengan pedoman umum dari kementrian, tujuannya untuk memberdayakan kelompok,” Ungkap Ferdi. 

Namun menurut Ferdi, pihaknya belum bisa memastikan apakah di tahun 2020 Lambar masih akan menerima program tersebut karena masih menunggu persetujuan dari DPR, dan tidak menutup kemungkinan program tersebut akan dihapuskan. 

“Untuk tahun 2020 mendatang titiknya berkurang, jika tahun ini 13 titik ke depan hanya ada 8 titik dan lokasinya belum ditentukan. Karena belum bisa dipastikan apakah program tersebut masih ada atau tidaknya, bahkan bisa saja dipangkas atau dihapus oleh DPR, jadi semua ada di tangan DPR,” jelasnya

Ferdi berharap dan mengimbau agar kelompok yang mendapatkan alokasi tersebut untuk bisa mengerjakan pembangunan dengan baik, sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. “Jika di tahun 2018 bisa dikatakan relatif baik, jadi harapan kita untuk tahun ini bisa lebih baik dari sebelumnya dari segi kualitas, karena mereka yang bangun dan pelihara dan mereka pula yang akan memanfaatkannya,” pungkasnya. (Hendri)

Komentar
Menunggu...