PYM SPDB Pangeran Edwarsyah Pernong Minta Suoh Jadi Kota Sholawat

Budaya DAERAH HOME Lampung Barat TERBARU

Lampung Barat (MDSnews) РPaduka Yang Mulia (PYM) Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Sultan Sekala Brak  Yang Dipertuan Ke-23 Kepaksian Pernong, Brigjen Pol (Purn) Drs. Edward Syah Pernong, SH, menghadiri acara resepsi pernikahan Jemmi Wijaya dan istri, anak dari kapolsek Suoh Iptu Abu Bakar gelar Raden Pratama di Gor Ajisaka Islamic center Kabupaten setempat setempat, Senin (24/5/2021).

Dalam sambutannya, SPDB Pangeran Edward Syah Pernong menyampaikan kepada seluruh tamu undangan yang hadir bahwasanya kekompakan dan kerukunan masyarakat lampung barat hususnya masyarakat sekala brak dan kepaksian pernong harus tetap terjalin baik untuk kemajuan Lampung Barat.

Ia juga menegaskan bahwasanya masyarakat harus taat dan patuh pada kebijakan-kebijakan yang pemerintah buat dimasa pandemi covid-19 demi kebaikan bersama dan agar segera memutuskan serta menghilankan virus yang sudah tersebar dalam kurun waktu dua tahun ini.

“Didalam kondisi ini kita harus sadar dan kita harus ikhlas terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah ini, karna kebijakan pemerintah ini menyangkut kebaikan kita semua, kemaslahatan dan perlindungan kita semua,” katanya.

Mantan Kapolda Lampung itu juga mengungkapkan bahwa tanah Suoh ia persembahkan untuk masyarakat tanpa mengharap imbalan apapun demi kemajuan Lampung Barat masyarakat dan warga Suoh khususnya.

“Jadi saya mak ngehakhap ko tanoh disan, tanoh disan haga ku uyun ko untuk kutti, (saya tidak mengaharpkan tanah di sana, akan saya urus untuk kalian-red) tapi jangan ada yang berlebihan sehingga masyarakat tidak sejahtera, tetapi jika masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan ininya maka masyarakat akan sejahtera,” lanjutnya.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) ini juga, dengan tegas mengatakan bahwa Suoh merupakan tanah kerajaan Sekala Bekhak sejak lampau dan tidak ada yang berhak mengolah alih tanah Suoh untuk kepentingan pribadi selain masyarakat Suoh itu sendiri dan kemajuan masyarakat Suoh.

“Jangan ada masyarakat dari luar Suoh yang mengotak-atik tanah ini karena tanah ini tanahku, tanah kerajaan sekala brak kepaksian Pernong dari dulu, dan alhamdulillah kalian yang ada di Suoh menjadi jamma ku, masyarakat ku, dan saya hanya mengharap keridhoan Allah SWT,” tegasnya.

Jenderal Bintang Satu ini juga mengungkapkan kedepan ia akan membangun pesantren berbasis Nahdlatul Ulama, dan juga madrasah sampai tingkat perguruan tinggi.

“Dan mudah-mudahan Allah SWT memberikan ku rejeki di tanah Jawa. untuk kutti-kutti sai khadu mendapat kebaikan disan, saya tekhok haga ngilu sai pertama (untuk kalian yang sudah mendapat kebaikan, saya minta yang pertama-red) membangun Madrasah jak Nahdlatul Ulama sappai di Aliyah apa bila perlu ada satu perguruan tinggi disan sai haga ku bangun sai menyimbolkan Nahdlatul Ulama disan san pesantren,” tambahnya.

Pangeran Edwarsyah Pernong juga memiliki cita-cita untuk menjadikan Suoh sebagai Kota Sholawat. “Sehingga Suoh itu menjadi tempat yang penuh nuansa islami, hinno sai haga ti api ko kham, menjadi kota sholawat bila perlu,” pungkasnya.

Nampak hadir pada acara tersebut mendampingi SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Raja-raja Kepaksian Pernong, serta seluruh Hulu Halang Kepaksian Pernong. (Erick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *