Home / Budaya / Rasimin Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk, Menceritakan Lakon Sesaji Rojo Suyo

Rasimin Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk, Menceritakan Lakon Sesaji Rojo Suyo

Pringsewu (MDSnews) — Masyarakat Pekon Pujiharjo  merayakan hari jadi yang ke-8, Pekon Pujiharko menggelar, Bersih desa sekaligus memperingati besar Islam ke-1441 Hijiriyah, dengan menggelar tradisi budaya berupa Wayang Kulit semalam suntuk, acara yang diselenggarakan di Balai Kemasyarakatan Pekon Pujiharjo, Sabtu malam (28/9/2019).
Rasimin kepala Pekon Pujiharjo dalam sambutannya mengatakan, Pagelaran Wayang Kulit yang bertemakan “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Wujudkan Pekon Pujiharjo Menjadi Pekon Adhiluhung dan Selalu Menjaga Pekon Guyub Rukun Bergotong Royong” di bawakan langsung oleh dalang Widigdo yang menceritakan lakon Sesaji Rojo Suyo,” kata Rasimin.
Selain memeriahkan hari jadi Pekon Pujiharjo yang ke-8, kegiatan Bersih Desa/Pekon atau juga sering disebut Sedekah Bumi merupakan budaya lokal yang perlu terus dilestarikan untuk kesadaran ekologis manusia agar paham dengan alam dan manusia yang secara sadar dan peduli dengan keadaan. Dari seluruh kebudayaan yang ada, yang paling menarik adalah, masyarakat dahulu begitu menghargai alam, hal ini terbukti dengan adanya ritual bersih desa dan sampai sekarang tetap di lestarikan sebagai bentuk atau wujud penghormatan manusia terhadap alam, juga sebagai wujud untuk mempersatukan seluruh masyarakat dalam satu wadah yang di anggap sakral, supaya dapat bersatu memanjatkan doa dan rasa syukur atas limpahan rahmat dan rezeki kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Rasimin.
Sambungnya, “selain itu, pihak pekon beserta panitia dan masyarakat, juga menggelar aneka kegiatan lain yang bernuansa kesenian serta kebudayaan tradisional dalam rangka bersih desa, misalkan kesenian atraksi kuda lumping tadi siang, serta pagelaran wayang kulit yang akan kami suguhkan pada malam ini. Dan perlu diketahui, semua kesenian serta kebudayaan tradisional yang ditampilkan, merupakan persembahan murni yang disuguhkan kepada masyarakat umum tentunya. Rasimin juga menyampaikan harapannya kepada seluruh lapisan masyarakat, supaya dapat menjaga keharmonisan antar warga, agar kita dapat terus bersinergi, bahu membahu dan berpartisipasi dalam menjalankan program-program yang sifatnya bisa memajukan pekon, seperti contohnya program pembangunan yang akan dilaksanakan kedepan demi kesejahteraan masyarakat Pekon Pujiharjo khususnya,” harapnya.
Heru Widodo skertaris Kecamatan Pagelaran yang turut hadir dalam acara tersebut juga mengatakan, “rangkaian kegiatan bersih desa dan wayang kulit pada malam hari ini adalah sebagai salah satu simbol rasa syukur masyarakat pekon setempat, yang mana telah dianugerahkan keselamatan, kesejahteraan, kesehatan serta kemakmuran oleh yang Maha Pencipta yang sekiranya patut disyukuri oleh umat manusia. Dan saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Pekon Pujiharjo kiranya bisa menjaga, dan mengembangkan kelestarian seni, adat dan budaya yang kita miliki, terutama kepada generasi muda yang nantinya akan melanjutkan kesenian tradisional yang kita miliki,” pungkasnya.
.
Acara yang dihadiri Mayvi Anggota DPRD Kabupaten Pringsewu dari partai PKS, Heru Widodo Sekertaris Kecamatan Pagelaran, AKP S. Lubis Kapolsek Pagelaran, Babinsa pekon setempat, Rasimin kepala Pekon Pujiharjo beserta aparaturnya, Ismali kepala Pekon Bumi Ratu, Pujiyanto Pj Kakon Bumi Rejo, Agustari Kepala Pekon Panutan, Kepala Pekon Candi Retno atau yang mewakili, Kepala Pekon Padang Rejo atau yang mewakili, Ketua Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat.
Laporan.   Nanda Trijaya, Syarif.

About Editor

Check Also

Tingkatkan Kewaspadaan Virus Covid 19, Bupati Agus Istiqlal Himbau Kurangi Aktivitas

Pesisir Barat (MDSnews) – Dalam arahan bupati pesisir barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH menjelaskan bahwa virus covid-19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *