Warga Binaan Lapas Kelas IIB Kotaagung Dilatih Berkebun

DAERAH HOME LAMPUNG

TANGGAMUS (MDSNews) – Lapas Kelas IIB Kotaagung berkerjasama Dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus melakukan pelatihan Pertanian dan perkebunan, di Aula Lapas Setempat, Kamis (15/10).

Kegiatan yang di buka langsung oleh Kalapas Kelas IIB Kotaagung Beni Nurrahman, di hadiri oleh, di Hadiri oleh Kabid hortikultura Dinas Pangan dan Pertanian Fahruddin Efendi, tim Penyuluh Pertanian Sabar dan pegawai Lapas serta puluhan WBP yang akan mengikuti pelatihan pertanian dan perkebunan tersebut. Acara berjalan dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua pelaksana Ferdi Anggriawan mengatakan dalam sambutannya, Sistem Pemasyarakatan merupakan sebuah tatanan tentang arah, batas, dan cara pembinaan warga binaan pemasyarakatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualltas warga binaan pemasyarakatan sehingga dapat berintegrasi secara sehat dalam kehldupan masyarakat.

“Melihat pentingnya Fungsi Kegiatan Kerja Produksi maka di Lembaga Pemasyarakatan diharuskan memiliki pelatihan kegiatan kerja dan produksi yang tidak hanya berfungsl sebagal pengisl waktu luang selama menjalani masa pidana saja, namun juga harus berorientasi pada pembangunan SDM dan hasil produk yang berkualitas, berdaya saing serta berkesinambungan” Kata Ferdi Anggriawan

Sementara Kalapas Kotaagung Beni Nurrahman mengatakan, peda hari ini Lapas Kelas IIB Kotaagung meksana kegiatan bersama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus untuk melakukan pelatihan Pertanian dan perkebunan.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan di ikuti oleh 40 orang warga binaan, pelatihan ini adalah pelatihan kemandirian yang kita laksanakan dengan mengunakan anggaran DIPA Lapas Kelas IIB Kotaagung” kata Kalapas.

Beni Nurrahman juga menambahkan, masyarakat dapat melihat buah dari proses pembinaan yang selama ini dikesampingkan atau tak tersentuh pengetahuan masyarakat. Waraga Binaan Pemasyarakatan dalam hal lni para Warga Binaan yang akan dibina dan dibimbing menjadi sumberdaya manusia yang potensial sebagai bagian dari pembangunan naslonal dipusat industri narapidana.

“Mereka kembali menjadi manusia utuh yang mampu berkontrlbusl dalam kemajuan ekonomi nasional, penghasil produk bernilai ekonoml yang mampu menyokong nilal tambah ekonomi negara” Ujar Beni Nurrahman.

Masih kata Kalapas, Kegiatan ini diselenggarakan dengangan maksud dan tujuan membantu Warga Binaan Pemasyarakatan mengembangkan dirinya dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat, Memberi bekal keterampilan kepada narapidana, sekangus merupakan bagiarl aktifitas narapidana untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta penghasilan.

“Saya berharap warga binaan setelah keluar dari Lembaga pemasyarakatan tidak lagi melakukan tindak pidana dan menjadi manusia yang berguna, berperan aktif dan kreatif dalam membangun bangsa dan Negara” Ucap Kalapas.

Sementara Kabid hortikultura dinas pangan dan pertanian Fahruddin Efendi mengatakan, pelatihan ini di fokuskan di bidang Hortikultura dengan melakukan pelatihan penanaman selah satunya penamaan Buah Kates Kalipornia.

“Insyaallah kami Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus akan terus berkerjasama dengan Lapas Kelas IIB Kotaagung, dan saya berharap semoga para warga binaan lapas Kotaangung ini mendapat bekal dan menjadi warga negara Indonesia yang baik dan berguna” Kata Fahruddin Efendi (Erwin).

 82 total views,  4 views today